riau24 Har ini Matahari Melintasi Kakbah, Pengurus Mesjid Bisa Verifikasi Arah Kiblat | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Nasional

Har ini Matahari Melintasi Kakbah, Pengurus Mesjid Bisa Verifikasi Arah Kiblat

1
Berita Riau -  Har ini Matahari Melintasi Kakbah, Pengurus Mesjid Bisa Verifikasi Arah Kiblat
Jakarta, Riau24.com - Hari ini para pengurus masjid dan musala akan mendapatkan kesempatan langka untuk melakukan verifikasi arah kiblat yang benar.

Kesempatan ini ditandai dengan melintasnya matahari tepat di atas Kakbah. Berdasarkan data astronomi peristiwa alam ini terjadi pada pukul 16.18 WIB dan 17.18 WITA.

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak, pada tanggal dan jam tersebut akan mengarah tepat ke Kakbah,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammadiyah Amin.

Peristiwa ini dikenal dengan nama rashdul qiblah, yaitu ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat. Muhammad Amin mengingatkan para pengurus masjid dan mushala untuk melakukan sejumlah persiapan untuk verifikasi arah kiblat.

"Pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul. Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata; dan ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom," ucapnya.


R4/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 21 November 2017 18:20 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru