riau24 Tips Cerdas Atur Gaji Bulanan | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Bisnis

Tips Cerdas Atur Gaji Bulanan

0
Berita Riau -  Tips Cerdas Atur Gaji Bulanan
Jakarta, Riau24.com - Moment gajian menjadi momen bulanan yang paling ditunggu oleh setiap karyawan. Karena pada saat itu Anda akan merasa bangga atas apa yang diperoleh setelah kerja keras selama sebulan.

Namun, setelah mendapatkan gaji, apa yang hendak dilakukan dengan uang tersebut?
Karena anda harus berpikir lebih bijak dalam mengatur keuangan, supaya kondisi keuangan untuk ke depannya bisa lebih terjaga. Mengingat masih banyak kebutuhan-kebutuhan lainnya yang lebih dibutuhkan.

Berikut tips cerdas dalam mengatur gaji berikut ini.

1. Prioritas utama
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika pertama menerima gaji, alangkah lebih baik apabila membuat prioritas mengenai hal-hal yang wajib dipenuhi. Contohnya seperti tagihan bulanan, mulai dari tagihan listrik, internet, air, dan lainnya.

Juga pastikan tidak akan ada lagi tagihan yang terlewatkan. Untuk langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membayar utang-utang, karena hal tersebut pastinya lebih penting untuk dipenuhi. Jangan sampai utang yang dimiliki terus bertambah banyak, dan akhirnya akan melilit Anda.


2. Mengatur pengeluaran
Sudah  tidak bisa terhindarkan lagi, bahwa pengeluaran menjadi prioritas utama yang harus lebih mendapatkan perhatian. Aturlah sebaik mungkin pengeluaran, namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hasil jerih payah selama bekerja.

Beli barang yang memang lebih dibutuhkan, paling penting harus bisa menjaga nafsu dalam membeli barang yang tidak begitu penting. Buat anggaran dari gaji yang diterima untuk pengeluaran maksimal 40 persen, itu juga telah termasuk dalam pengeluaran untuk memanjakan diri.

3. Laporan keuangan 

Membuat laporan keuangan juga menjadi hal penting dalam mengatur keuangan pribadi. Usahakan agar selalu mencatat segala pemasukan dan pengeluaran termasuk juga kebutuhan harian.

Misalnya kebutuhan untuk makan setiap hari, mungkin hal ini terdengarnya sepele, namun dengan membiasakan untuk mencatat laporan keuangan, Anda akan lebih bisa menghargai setiap uang yang dikeluarkan. Untuk memudahkan semua itu, simpan bukti dari belanjaan dalam sebuah wadah atau tempat beserta catatan pengeluaran lainnya.

4.  Asuransi
Hal ini merupakan telah menjadi kewajiban Anda untuk mengikuti sebuah asuransi. Nantinya dengan adanya asuransi akan lebih memberikan proteksi terhadap keadaan finansial ke depannya.
Tentu Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, umumnya ada beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia, paling penting yang harus dimiliki adalah asuransi jiwa, kesehatan, rumah, dan juga kendaraan.


5. Investasi
Investasi merupakan salah satu cara untuk lebih meningkatkan penghasilan yang diterima. Minimal Anda berusaha menyisihkan 30 persen dari penghasilan untuk melakukan investasi.

Jika gaji Anda terbilang besar, cobalah untuk melakukan investasi berupa saham atau properti. Sebaliknya, apabila gaji yang dimiliki terbilang kecil, lakukan investasi berupa reksadana, emas, atau juga deposito.

6. Menabung
Menabung merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dalam hal menabung, di hari tua nanti tentunya Anda mendambakan kehidupan yang tenang sambil menikmati hidup bersama keluarga tercinta.

Sebaiknya dari sekarang, tentukan target usia bebas finansial, semakin banyak uang yang telah terkumpul dalam sebuah tabungan, maka semakin cepat pula dalam mencapai bebas secara finansial.

7. Dana cadangan
Dana cadangan akan berfungsi sebagai perantara yang memfasilitasi Anda di saat ada hal-hal yang tak terduga. Misalnya di saat ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami musibah kecelakaan. Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk digunakan sebagai pengobatan, sisihkan dana minimal 10 persen dari gaji yang diterima sebagai dana cadangan.

8. Sisihkan untuk beramal
Banyak alternatif cara yang bisa  dilakukan untuk beramal, salah satu caranya dengan mengusahakan untuk menyisihkan 2,5 persen dari gaji bulanan.
Lakukan hal seperti ini secara rutin setiap bulannya, dengan beramal pula secara tidak langsung Anda akan membantu meringankan beban-beban orang yang sedang mengalami kesulitan.

Selain itu, Anda juga akan mengerti bagaimana arti dari sebuah perjuangan, sehingga nantinya Anda akan lebih bisa menghargai penghasilan yang diterima.


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru