riau24 KRI Oswald Tangkap Kapal Cina Angkut Ikan yang Identik di Laut Natuna | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

KRI Oswald Tangkap Kapal Cina Angkut Ikan yang Identik di Laut Natuna

1
Berita Riau -  KRI Oswald Tangkap Kapal Cina Angkut Ikan yang Identik di Laut Natuna
 
Jakarta, Riau24.com - KRI Oswald Siahaan (Owa)-354 menembak kapal berbendera Cina Gui Bei Yu dengan nomor 27088 di Laut Natuna, Provinsi Kepri, karena tidak indahkan peringatan sesuai SOP. Kemudian ditangkap karena diduga melakukan pencurian ikan perairan Indonesia.
 
"Kapal itu memang diduga kuat mencuri ikan di wilayah Indonesia. Apalagi, ditemukan ikan yang masih segar, dan jenisnya identik dengan ikan yang ada di perairan tersebut. Setelah disidik, nantinya akan diserahkan ke Kejaksaan untuk diproses berdasarkan hukum Indonesia," kata Pangarmabar Laksda TNI A. Taufiq R dalam siaran pers Puspen TNI yang diterima detikcom, Minggu (29/5).
 
Taufiq menjelaskan kapal tersebut diperiksa saat memasuki wilayah Zone Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI). Proses penangkapan tersebut semata-mata untuk memberikan pengetahuan kepada dunia bahwa Koarmabar secara tegas menindak kapal-kapal yang melakukan pelanggaran di wilayah yurisdiksi Indonesia. Pemeriksaan, kata Pangarmabar, dilakukan Tim VBSS KRI Owa-354 mulai dari kelengkapan dokumen kapal dan muatan ikan hasil tangkapan.
 
Puspen TNI menyebut, keberhasilan jajaran TNI AL tersebut, menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo untuk seluruh jajaran TNI agar meningkatkan pengawasan di seluruh perbatasan termasuk di antaranya perbatasan di Laut Cina Selatan sampai batas laut terluar. 
 
Penangkapan kapal berbendera Cina itu berlangsung dramatis karena ada kapal Coast Guard Cina yang memantau proses penangkapan tersebut dari kejauhan. Namun Coast Guard Cina hanya memantau dari jauh, tidak berani mengganggu operasi KRI Oswald.
 
KRI Oswald telah memberikan peringatan sesuai SOP kepada kapal itu. Bentuk peringatan mulai dari peringatan kontak radio, peringatan melalui pengeras suara, tembakan peringatan ke udara, peringatan tembakan kanan dan kiri haluan. Tapi semua peringatan tidak diindahkan. Bahkan kapal ikan tersebut melakukan gerakan zigzag dan akhirnya tindakan paling keras dilakukan yaitu tembakan di anjungan. 
 
R24/rul/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 21 November 2017 18:27 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/JEXULa0.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru