riau24 Siak Jadi Tuan Rumah Silat Kejuaraan Sijori | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Siak

Siak Jadi Tuan Rumah Silat Kejuaraan Sijori

0
Berita Riau -  Siak Jadi Tuan Rumah Silat Kejuaraan Sijori
Siak, Riau24.com - Kejuaraan silat yang akan melibatkan pesilat dari Singapura, Johor (Malaysia) dan Riau (Indonesia) di Kabupaten Siak pada bulan November 2016 mendatang mendapat perhatian khusus dari Pendiri Kejuaraan Sijori Sultan Huzrin Hood.

Pria yang diberi gelar Sri Paduka Tribuana itu, langsung menghadiri rapat persiapan yang digelar di Siak kemarin. Sultan Huzrin Hood mengungkapkan, saat pembukaan kejuaraan Sijori akan ditampilkan keris pusaka Siak diiringi parade pendekar silat. Para atlit, akan membawa bendera Indonesia serta lambang negeri Siak yang diserahkan kepada Bupati Siak, dan kemudian diletakkan ditempat yang terhormat.

"Itu semua merupakan upacara yang sakral bagi Silat Sijori disetiap pembukaan pertandingan. Biasanya, untuk Singapura, Johor dan Riau tetap memakai Keris Sultan Bintan. Akan tetapi khusus untuk Siak, kita akan memakai Keris Sultan Siak," imbuhnya.

Masalah peminjaman keris pusaka Siak, pendiri Silat sudah meminta izin kepada LAM (Lembaga Adat Melayu) untuk memakainya pada pembukaan kejuaraan Silat Sijori November mendatang dan tinggal menunggu persetujuan boleh atau tidaknya.

Ia juga menjelaskan, di Singapura silat merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang diikuti para pelajar. Sedangkan untuk di Malaysia, silat merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang bisa dikatakan paling favorit, karena di setiap sekolah ada seorang guru silat.

Menanggapi hal itu, Syamsuar akan berusaha untuk menjadikan Siak seperti Malaysia dan Singapura, yang menjadikan silat sebagai kegiatan ektrakulikuler di dalam kegiatan sekolah.

Di penghujung rapat tersebut, Syamsuar memberikan cenderamata khas Kabupaten Siak sedangkan Pendiri Silat Sijori memberikan kenang-kenangan berupa “Coin Dirham Sultan”. Di mana, coin ini tidak diproduksi untuk umum melainkan hanya untuk cinderamata dan acara tertentu saja.


R24/dev/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru