riau24 Riau Bakal Jadi Pusat Riset Restorasi Gambut Tropis Dunia | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Riau Bakal Jadi Pusat Riset Restorasi Gambut Tropis Dunia

0
Berita Riau -  Riau Bakal Jadi Pusat Riset Restorasi Gambut Tropis Dunia

Pekanbaru, Riau24.com- Badan Restorasi Gambut (BRG) Indonesia, Universitas Riau (UR) serta Pemerintah Riau (Pemprov) Riau mendorong kerjasama riset untuk restorasi gambut bersama sejumlah lembaga dan universitas di Jepang. Kerjasama ini dilakukan sebagai salah satu upaya melindungi gambut Riau yang luasnya mencapai 5,7 juta hektar.

Sejumlah lembaga yang terlibat itu yakni Universitas Kyoto, Universitas Hokkaido, Research Institute for Humanity and Nature (RIHN) dan National Institute of the Humanities (NIHU).

“Setelah MoU ditandatangani, kami senang, langkah itu semakin dikonkritkan di Riau. Apalagi kemarin Gubernur Riau, dihadapan publik media di Jakarta secara tegas menyatakan Riau akan dijadikan contoh yang bagus dalam restorasi gambut melalui budidaya tanaman sagu. Hal ini akan menjadikan Riau sebagai pusat penghasil sagu terbesar di Indonesia,” ujar Kepala BRG, Nazir Foead, Selasa (31/5/2016).

Keberlanjutan dan keseriusan dalam memelihara serta melestarikan gambut di Riau ini, kata Foead, menjadi dasar kerjasama pihaknya dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dan di Jepang.

 “Kami ingin jadikan Riau sebagai pusat riset gambut tropis dunia. Tentu saja perguruan tinggi Riau dan pemerintah harus memastikan benar keterlibatan masyarakat di dalamnya agar riset juga dapat membawa manfaat secara ekonomi bagi masyarakat sekitarnya,” terang Foead saat konferensi pers kolaborasi riset aksi untuk percepat restorasi gambut di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru