riau24 Pelaksanaan Sensus Ekonomi Diperpanjang Hingga 15 Juni. Ada Apa? | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pelaksanaan Sensus Ekonomi Diperpanjang Hingga 15 Juni. Ada Apa?

0
Kepala Bapan Pusat Statistik Provinsi Riau, Mawardi Arsyad
Berita Riau -  Pelaksanaan Sensus Ekonomi Diperpanjang Hingga 15 Juni. Ada Apa?

Pekanbaru, Riau24.com- Pelaksanaan sensus ekonomi yang dimulai sejak 1 Mei 2016 lalu dijadwalkan selesai pada 31 Mei 2016. Namun karena banyak usaha baru yang bermunculan serta tidak terakomodir seluruhnya, maka pelaksanaan sensus ekonomi harus diperpanjang hingga 15 Juni 2016 mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, Mawardi Arsyad mengatakan perpanjangan waktu pelaksanaan sensus ini tidak hanya di Provinsi Riau, namun berlaku secara nasional.

“Belum terakomodir seluruhnya karena banyak usaha baru yang bermunculan dan juga banyak pelaku usaha yang tidak jujur dan kooperatif ketika ditanyai petugas tentang usahanya. Itu karena mereka merasa kalau sensus ini tidak penting,” terang Mawardi, Rabu (1/6/2016).

Mawardi mengatakan pelaksanaan sensus ekonomi di daerah lain di Provinsi Riau sudah mencapai 100 persen. Namun Pekanbaru dan Dumai masih pada angka 97 persen.

“Pekanbaru dan Dumai masih 97 persen, ini karena Pekanbaru dan Dumai merupakan sentral usaha di Riau,” ungkap Mawardi.

Staf BPS Provinsi Riau serta BPS Kota Pekanbaru juga harus melakukan penelusuran malam hari agar seluruh sektor usaha dapat terakomodir. “BPS Provinsi dan Kota turun di malam hari, door to door. Penelusuran malam ini bertujuan supaya usaha-usaha keliling dan kaki lima khususnya bisa terakomodir seluruhnya,” beber Mawardi.

Lanjutnya, Mawardi mengatakan sektor usaha di Pekakanbaru meningkat hingga 80 persen dan Dumai 40 sebanyak 40 persen. Peningkatan ini dikarenakan banyaknya migrasi.

Sebanyak 6454 orang petugas sensus di Provinsi Riau turun ke lapangan untuk mencacah segala bentuk sektor usaha kecuali sektor pertanian. Sensus ekonomi ini dilaksanakan untuk mendapatkan potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

Sensus ekonomi juga akan menghasilkan gambaran lengkap level dan struktur sektor ekonomi non-pertanian serta informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu, akan diketahui juga daya saing bisnis di Indonesia dan penyediaan kebutuhan informasi usaha.

Bagi pelaku usaha, sensus ekonomi bermanfaat untuk mengetahui peluang serta potensi dan daya saing usaha. Bagi peneliti atau akademisi, sensus ini dapat dijadikan sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi. Lalu untuk pemerintah, dapat dijadikan sebagai landasan perencanaan, pengambilan serta evaluasi kebijakan. Sementara bagi masyarakat, dapat menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah.


R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru