riau24 Komnas HAM Sebut Perlu Sinkronisasi Dari Berbagai Regulasi Terkait Bencana Asap | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Komnas HAM Sebut Perlu Sinkronisasi Dari Berbagai Regulasi Terkait Bencana Asap

0
Berita Riau -  Komnas HAM Sebut Perlu Sinkronisasi Dari Berbagai Regulasi Terkait Bencana Asap

Pekanbaru, Riau24.com- Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Siti Noor Laila sambangi Riau untuk membahas mengenai upaya pemerintah daerah saat terjadi bencana asap tahun 2015 lalu. Pertemuan ini digelar di VIP Lancang Kuning, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan dihadiri seluruh SKPD terkait seperti BPBD dan BMKG.

“Kita membahas apa yang dilakukan Pemda pada saat terjadinya bencana asap. Kemudian kami dari Komnas HAM sendiri melakukan kajian terkait dengan berbagai undang-undang kebijakan dan regulasi. Nah ternyata memang perlu dilakukan sinkronisasi dari berbagai regulasi untuk penanganan penanggulangan bencananya,” ujar Siti, Kamis (2/6/2016).

Menurut Siti, mengenai penanggulangan bencana asap ini perlu adanya tingkatan yang berbeda mulai dari pencegahan, penanganan dan kemudian pasca bencana.

“Kalau ditelisik lagi, ternyata ada kesulitan dalam melakukan koordinasi mengenai siapa yang menjadi leading sektor terkait soal asap ini,” ungkapnya yang ditemui wartawan usai pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Riau.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie menuturkan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai penanggulangan bencana asap saat terjadi karlahut.

“Semua proses penanggulangannya harus dibicarakan termasuk standar bencana tersebut seperti penetapan status darurat,” tuturnya.

Ahmad Syah juga menjelaskan bahwa beberapa regulasi memang harus dibicarakan di tingkat pemerintah pusat, apakah itu undang-undang, peraturan pemerintah maupun peraturan menteri.

“Dari diskusi ini tadi kita harap dapat menjadi bahan bagi Komnas HAM untuk menjadi fasilitator dalam melakukan pembicaraan pada lintas kementerian terkait bencana kabut asap,” jelasnya.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru