riau24 Warga Kelurahan Rokan Panen Ikan di Kawasan Larangan | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Rokan Hulu

Warga Kelurahan Rokan Panen Ikan di Kawasan Larangan

0
Berita Riau -  Warga Kelurahan Rokan Panen Ikan di Kawasan Larangan
Rohul, Riau24.com - Warga Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) panen ikan di kawasan larangan Rantau Larangan Sei Palis di Kelurahan Rokan, Kamis (2/6/16).

Sebelum dibuka melalui prosesi adat, warga tidak boleh menangkap atau memancing ikan di lubuk ini. Rantau ini sendiri dibuka satu setahun sekali.

Setelah dibuka melalui prosesi adat oleh Tokoh Adat Rokan IV Koto, dilanjutkan Ritual Uduh atau zikir dan doa bersama. Setelah prosesi adat, masyarakat yang sudah membayar, yakni dewasa Rp20 ribu dan anak-anak Rp10 ribu, dibolehkan memancing ikan atau menangkapnya pakai tangan.

"Tidak boleh pakai alat penangkap ikan, seperti jaring, jala, atau alat lainnya," ujar seorang warga yang ikut panen ikan di Rantau Larangan Sei Palis, Kamis.

Sejak Rantau Larangan Sei Palis dibuka oleh Camat Rokan IV Koto Agustar M.Si, Kamis sekira pukul 08.45 WIB, dihadiri Kapolsek Rokan IV Koto Iptu Inafri, Lurah Rokan Haryanto S.Sos, Pjs Koto Ruang Foeaddi S.sos, Datuk Bandaharo Anyo Kurkusumo, Ninik Mamak, dan Tokoh Masyarakat setempat.

Panitia pelaksana Rantau Larangan Sei Palis, Juliar, juga anggota Polsek Rokan IV Koto mengungkapkan Rantau Larangan Sei Palis merupakan sumber pendapatan atau khusus untuk anak yatim di Kenegerian Rokan.

Masih di acara sama, Kapolsek Rokan IV Koto Iptu Inafri mengharapkan acara tersebut harus dipertahankan oleh masyarakat, apalagi hasilnya untuk anak yatim. Dan setelah dipanen, ikan harus diganti agar terus berkembang biak di tahun depan.

Sementara itu, Camat Rokan IV Koto, Agustar, mengatakan Rantau Larangan Sei Palis juga upaya dalam melestarikan alam dan budidayakan ikan dari kepunahan.

"Saya juga mengharapkan tradisi ini dipertahankan," harap Camat Rokan IV Koto, dan mengatakan peserta memancing diikuti sekira 40 warga, dan peserta menangkap ikan paling diminati.



R24/dev/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru