riau24 Bupati - Wabup Bupati Terpilih Akan Hadiri Acara Mandi Balimau Singingi | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kuantan Singingi

Bupati - Wabup Bupati Terpilih Akan Hadiri Acara Mandi Balimau Singingi

0
Bupati Drs. H. Mursini, M.Si - Wabup H. Halim didampingi mantan Wabup Drs. H. Zulkifli akan hadir prosesi mandi balimau di muara lembu singingi
Berita Riau -  Bupati - Wabup Bupati Terpilih Akan Hadiri Acara Mandi Balimau Singingi
Kuansing, Riau24.com - Dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriyah, masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi memiliki tradisi unik, yakni mandi balimau. Secara harafiah tradisi ini merupakan upaya membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Oleh karena itu, guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1437 Hijriah yang jatuh pada hari Senin (6/6), maka seperti pada tahun-tahun sebelumnya, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi menggelar Mandi Balimau di Tepian Pantai Kelurahan Muara Lembu ibukota kecamatan Singingi.

Kegiatan mandi balimau di sungai Tepian Pantai Muara Lembu merupakan tujuan utama warga Kuansing setiap tahunnya menjelang masuknya Ramadhan, dan ini sebagai symbol untuk menyucikan jiwa dan raga sebelum menunaikan ibadah puasa. Karena sungai Singingi selama ini dikenal memiliki kelandaian yang baik dan airnya cukup jernih.

Kegiatan Mandi Balimau di Muara Lembu akan dilaksanakan pada hari Minggu (5/6), yang dirangkaikan dengan Kejurda Motor Cross disekitar lokasi Mandi Balimau ini, ungkap ketua panitia pelaksana Hambali melalui sekretaris Mardan ketika dihubungi Riau24.com.

"Untuk memeriahkan tradisi mandi balimau di tepian Pantai Singingi ini, maka pihak panitia juga menggelar kejuaraan motor cross yang memperebutkan hadiah dan uang tunai, yang bakal di gelar selama dua hari (Sabtu dan Minggu)”, paparnya.

Sebab kejuaraan motor cross ini memang selalu dinanti-nantikan masyarakat bagi penggila atau hoby motor cross, yang bakal dilaksanakan di sekitar arena mandi balimau dan diiringi hiburan dengan artis ibukota dan daerah.

"Sedangkan pada Sabtu malam (4/6) sekitar pukul 20.00 wib akan dilaksanakan juga tabligh akbar dengan ustadz Ahmad Al-Habsy dari Jakarta. Sehingga pada minggu siang akan dilakukan pembukaan Balimau Kasai dan prosesi balimau kasai", sebutnya.

Namun bagi warga yang hendak menuju Muara Lembu, yang ingin menghadiri tradisi mandi balimau maupun motor cross, agar berhati-hati dan menjaga ketertiban selama berlalu lintas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru