riau24 Semua Operator Seluler Berbenah Jelang Mudik Lebaran 2016 | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Teknologi

Semua Operator Seluler Berbenah Jelang Mudik Lebaran 2016

0
Berita Riau -  Semua Operator Seluler Berbenah Jelang Mudik Lebaran 2016

Jakarta, Riau24.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Regulasi Telekomunikasi dan Indonesia (BRTI) berkolaborasi dengan seluruh operator seluler akan menggelar kegiatan pengecekan kesiapan jaringan seluler.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memastikan kinerja jaringan agar mampu melayani pelanggan dan memenuhi kriteria yang dipersyaratkan, khususnya untuk menghadapi peningkatan dan pergerakan traffic ketika arus mudik, lebaran, dan arus balik Lebaran 2016.

Menurut siaran pers Kemenkominfo yang Tekno Liputan6.com kutip, Jumat (3/6/2016), pengujian bersama telah digelar mulai dari tanggal 31 Mei hingga 24 Juni 2016 pada 3 area terpilih yaitu (1) titik keberangkatan mudik, (2) jalur mudik dan arus balik, dan (3) titik kedatangan mudik.

Acuan dari kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 16 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Jasa Teleponi Dasar Pada Jaringan Bergerak Selular.

Adapun parameter jaringan yang diamati mencakup beberapa hal berikut ini:

- Coverage & Signal Strength meliputi Cakupan Jaringan & Kualitas Sinyal Seluler
- Layanan Teleponi Dasar meliputi Tingkat kesuksesan panggilan (Successfull Call Ratio & Block Call Ratio) serta kontinuitas panggilan (Drop Call Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
- Layanan Pesan Singkat (SMS) mencakup Tingkat kesuksesan pengiriman pesan (Successfull SMS Ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
- Layanan Mobile Internet meliputi Tingkat kesuksesan akses internet (HTTP Successfull Attempt) serta Kualitas Layanan Internet (Data Throughput, Network Latency, dll).

Sehubungan dengan kesiapan di bidang penyiaran, seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya, Kemenkominfo akan melaksanakan pertemuan khusus dengan Komisi Penyiaran, para penyelenggara penyiaran, dan organisasi masyarakat Islam yang diwakili oleh Majelis Ulama Indonesia.



R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru