riau24 Evaluasi Penanganan Kabut Asap, Komnas HAM: Status Itu Penting Untuk Penggunaan Anggaran | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Evaluasi Penanganan Kabut Asap, Komnas HAM: Status Itu Penting Untuk Penggunaan Anggaran

0
Berita Riau -  Evaluasi Penanganan Kabut Asap, Komnas HAM: Status Itu Penting Untuk Penggunaan Anggaran

Pekanbaru, Riau24.com- Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Siti Noor Laila mengatakan status penanganan bencana kabut asap akibat karlahut merupakan suatu yang penting untuk penggunaan anggaran. Hal itu dikatakannya saat pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Riau serta SKPD terkait di VIP Lancang Kuning, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

“Ada mekanisme keuangan yang pelik ketika pemerintah daerah ingin mengeluarkan anggaran. Walaupun ada anggarannya, tapi tidak bisa dikeluarkan karena peraturan Mendagri itu terkait dengan kebencanaan.  Jadi penetapan status itu penting. Anggaran status pencegahan tidak bisa menggunakan anggaran status tanggap darurat,” ujar Siti.

Pada saat bencana kabut asap yang melanda Riau tahun 2015 lalu, menurut Siti telah terjadi ketidak harmonisan pada beberapa kebijakan dan peraturan yang ada hingga mengakibatkan adanya kritik terhadap pemerintah pusat.

“Tahun lalu dikatakan bahwa negara tidak hadir dalam mengatasi bencana ini. Sebenarnya, ternyata kalau ditelisik lagi ini masalahnya ada pada regulasi yang tidak sinkron. Pemerintah daerah telah menetapkan statusnya pada situasi tanggap darurat sementara mekanisme peraturan Mendagri terkait dana tersebut harus pada situasi darurat. Jadi tidak pada situasi tanggap darurat,” urainya.

Siti mengungkapkan pihaknya akan mengadakan pertemuan lintas kementerian serta beberapa provinsi terkait kabut asap ini.

“Terkait asap ini, kita akan coba untuk membuat pertemuan lintas kementerian dan beberapa provinsi terutama Jambi, Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan harus ada regulasi yang jelas mengenai penggunaan dana untuk penanganan bencana kabut asap ini.

 

“Nomenklatur penggunaan dana ini perlu regulasi yang jelas. Antara pencegahan dan penanggulangan itu kan beda-beda tipis. Disaat pencegahan, rekomendasi untuk penanggulangan itu harus ada supaya bisa dipelajari,” pungkas Ahmad Syah.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru