riau24 Pemanfaatan Sagu di Riau Baru 5 Persen | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pemanfaatan Sagu di Riau Baru 5 Persen

0
Berita Riau -  Pemanfaatan Sagu di Riau Baru 5 Persen

Pekanbaru, Riau24.com- Kabupaten Meranti merupakan daerah berlahan gambut yang mampu memberi dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat melalui budidaya tanaman sagu. Namun ternyata pemanfaatan sagu di Provinsi Riau hingga saat ini baru 5 persen saja.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menerangkan sedikitnya pemanfaatan sagu di Riau ini dikarenakan pengelolaan sagu yang lebih banyak dilakukan di luar daerah Riau.

“Kita baru 5 persen memanfaatkan sagu yang ada di Provinsi Riau karena yang lain dibawa keluar semua. Ada yang ke Cirebon dan ada juga yang dikelola oleh korporasi untuk diekspor,” terang Gubernur Riau yang kerap disapa Andi Rachman ini.

Ditanyai mengenai upaya promosi sagu, Andi Rachman mengajak seluruh stakeholder terkait seperti dinas pariwisata, pelaku usaha dan perhotelan untuk dapat bekerjasama dalam mempromosikan sagu.

“Siapapun nanti tamu yang datang ke Riau, kita bisa suguhkan segala macam olahan sagu untuk mereka,” ujarnya.

Dikatakan Andi Rachman, komoditi sagu dapat dimasukkan ke dalam program pemerintah dalam swasembada pangan. “Sagu dapat menghasilkan berbagai macam olahan. Makanan pokok masyarakat yang selama ini adalah beras juga dapat digantikan oleh sagu. Tidak hanya pangan, juga banyak non pangan yang bisa dihasilkan dari olahan sagu ini,” pungkasnya.

R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru