riau24 O..Alah, Ini Rupanya Biang Masalah Daging Sapi di RI | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Nasional

O..Alah, Ini Rupanya Biang Masalah Daging Sapi di RI

1
Berita Riau -  O..Alah, Ini Rupanya Biang Masalah Daging Sapi di RI
Jakarta, Riau24.com - Salah satu persoalan daging sapi adalah harga yang tinggi di atas Rp 100.000/kg. Pemerintah pun bergerak untuk menekan harga dengan mengimpor daging sapi beku yang dibanderol antara Rp 70.000-Rp 90.000/kg.
 
Lantas, kenapa daging sapi di Indonesia kerap bermasalah? Menurut Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), ada dua faktor yang memicu masalah daging sapi.
 
Pertama, data konsumsi daging sapi antar kementerian berbeda. Ketua KPPU, Syarkawi Rauf mengatakan, data konsumsi daging di Kementerian Koordinator Perekonomian 2,61 kilogram (kg) per kapita per tahun. Namun, di Kementerian Pertanian menyebutkan konsumsinya hanya 1,75 kg per kapita per tahun.
 
"Data ini kan implikasinya pada data kebutuhan daging sapi nasional. Kalau di situ saja ada perbedaan, menentukan kuota bagaimana dasarnya," ujar Syarkawi di Istana Negara, Senin (6/6/2016).
 
Kedua, rantai distribusi daging sapi yang cukup panjang.
 
"Selama ini kan, sapi masuk ke feedloter, lalu ke RPH (Rumah Potong Hewan), ke ritel, baru masuk ke end user. Ternyata, dari feedloter ke RPH itu ada perantaranya, dan dari RPH ke ritel juga ada perantaranya," tutur Syarkawi.
 
Syarkawi menambahkan, permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar harga daging di bawah Rp 80.000/kg seharusnya bisa tercapai. Salah satu upayanya adalah dengan membuat kapal ternak untuk mengangkut sapi dari NTT dan NTB ke Jakarta.
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 11:58 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru