riau24 Apkasindo Targetkan Petani Sawit Rohul 1H 36Ton Setiap Tahun | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Rokan Hulu

Apkasindo Targetkan Petani Sawit Rohul 1H 36Ton Setiap Tahun

0
Berita Riau -  Apkasindo Targetkan Petani Sawit Rohul 1H 36Ton Setiap Tahun

Rohul, Riau24.com - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) wilayah Rokan Hulu (Rohul) rekrut 50 Petani sawit untuk dilatih menjadi petani yang profesional.

"Kita rekrut petani sawit dari setiap kecamatan, tergantung luas sawitnya," ujar Ketua Apkasindo Rohul, H.Ardiman Daulay‎ kepada Riau24.com, Selasa, (7/6/16).

Dikatakannya, program pelatihan petani sawit akan diselenggarakan pada Juli 2016 didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) kelapa sawit Indonesia dan sebagai pelatih dari Institut Ilmu Perkebunan (Instiper) Jogjakarta.

"Materi pelatihan seperti cara replanting, cara perawatan sawit, cara penumbangan sawit, memilih bibit sawit unggul dan merawat sawit sehingga petani peroleh hasil maksimal,"ucapnya.

Ardiman yang juga ketua KTNA Rohul menargetkan, dengan diselenggarakan program pelatihan oleh Apkasindo, petani sawit di Rohul punya ilmu dibidang perkebunan sawit, sehingga petani sawit bisa menghasilkan panen TBS sawit 1 Hektar (H) 36 Ton setiap tahun.

"Petani kita di rohul, rata-rata belum memiliki skill dibidang itu, banyak bibit yang ditanam ‎bibit liar, sehingga hasil tidak maksimal, padahal kalau kita liat di Perusahaan dan plasma, bisa menghasilkan 1H 36 ton per tahun. Sementara petani kita paling tinggi 1H12 ton per tahun,"katanya.

Diharapkannya, usai pelatihan, 50 petani sawit yang telah dilatih, agar menularkan ilmu kepada petani di desanya sehingga petani sawit di Rohul bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal sehingga petani bisa sejahtera di masa mendatang.

"Kita tidak perlu malu sebagai anak petani, karena kedepan Apkasindo Rohul akan terus cerdaskan petani sawit agar bisa sejahtera dan bisa peroleh hasil panen 1H 36 Ton pertahun,"pungkasnya.



R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru