riau24 Pemrov Riau Teken MoU Pengembangan Pelabuhan Samudra Kuala Enok | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pemrov Riau Teken MoU Pengembangan Pelabuhan Samudra Kuala Enok

0
Berita Riau -  Pemrov Riau Teken MoU Pengembangan Pelabuhan Samudra Kuala Enok
Pekanbaru, Riau24.com- Sebagai upaya mendorong pembangunan dan pemerataan arus barang di bagian selatan provinsi Riau, pemerintah provinsi Riau bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero,melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang kerjasama pengembangan pelabuhan Samudra Kuala Enok kabupaten Indragiri Hilir.
 
Penandatanganan MoU tersebut digelar di Balai Pauh janggi gedung daerah Pekanbaru, dan dihadiri lansung oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman beserta jajarannya dilingkungan pemerintah provinsi Riau.
 
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada sambutanya mengatakan, dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman tentang kerjasama pengembangan pelabuhan Samudra Kuala Enok diharapkan selanjutnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di provinsi Riau.
 
"Pelabuhan Kuala Enok sangat bermanfaat bagi pengusaha dan masyarakat. Pemerintah kabupaten dan BUMD yang berada disekitarnya saya harapkan dapat mendukung pelabuhan tersebut," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.
 
"Saya ucapkan terimakasih semoga kerjasama ini dapat memperlancar arus barang di Pulau Sumatera terkhusus di Provinsi Riau dan mendorong pertumbuhan ekonomi di provinsi Riau," ungkap Arsyadjuliandi Rachman seusai menadatangani nota kesepahaman tentang kerjasama pengembangan pelabuhan Samudra Kuala Enok.
 
Dengan adanya pengembangan pelabuhan Samudera Kuala Enok, Pemerintah provinsi Riau optimis, pelabuhan tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh pelayaran luar negeri, yang ke depanya akan dapat menjadi pintu gerbang ekonomi mengingat saat ini penumpukan barang tertumpu di Kota Dumai, dan sebagian lagi di Pelabuhan Tanjung Buton kabupaten Siak provinsi Riau.
 
Pada kesempatan yang sama Direktur Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan, pengembangan pelabuhan Kuala Enok sudah dirancang sejak 8 tahun lalu, "untuk Itu kami meminta dukungan kepada pemerintah provinsi Riau. MoU ini sudah kami tunggu-tunggu, karena dengan MoU ini artinya secara resmi Pelindo 1 siap bekerja untuk mempersiapkan pelabuhan Kuala Enok," kata Bambang.
 
PT Pelabuhan Indonesia I (Pesero) merupakan operator pelabuhan di bawah koordinasi Kementerian BUMN yang beroprasi di empat provinsi di Pulau Sumatera, meliputi Aceh, Sumut, Riau dan Riau Kepulauan.
 
Sejumlah langkah percepatan pembangunan infrastruktur terus dilakukan Pelindo I untuk menjadikan kawasan barat Indonesia tersebut menjadi poros maritim Indonesia yang tangguh guna memperlancar arus ekonomi lewat jalur laut.
 
Pemilihan kawasan pelabuhan Samudra Kuala Enok di bagian selatan Riau merupakan pelabuhan yang strategis berada di muara Sungai Indragiri dan menghadap Selat Malaka, pelabuhan tersebut diharapkan nantinya akan mendorong aktifitas pemerataan arus barang serta pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur Riau bagian selatan. 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru