riau24 Asal Usul Alexa | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Alexa

Asal Usul Alexa

2
Berita Riau -  Asal Usul Alexa
Jakarta, Riau24.com - Para blogger atau pemilik website pasti sudah mengenal apa itu Alexa Internet, Inc.

Alexa Internet atau lebih dikenal dengan Alexa.com adalah perusahaan berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Situs ini dijadikan acuan untuk meningkatkan tampilan website agar menjadi urutan pertama dalam dunia website diseluruh dunia.
Bahkan saat ini, para blogger dan website di Indonesia, berbondong-bondong mendaftarkan website atau blognya ke Alexa.com.

Namun pernahkan anda mengetahui tentang riwayat Alexa.com sebelum dibeli oleh Jeff Bezos ?

Alexa.com didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

Brewster Kahle dibesarkan di Scarsdale , New York. Ia lulus dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1982 dengan gelar Bachelor of Science dengan bidang ilmu komputer dan rekayasa. Penekanan studinya adalah kecerdasan buatan, di bawah pengajaran Marvin Minsky dan W. Daniel Hillis .

Setelah lulus, ia memimpin produk utama perusahaan, Mesin Connection, selama enam tahun (1983-1989).
Di tempat ia bekerja, Kahle dan beberapa rekan kerjanya yang lain mengembangkan sistem WAIS, yang konsen pada penerbitan pertama internet dan sistem pencarian terdistribusi dan pendahulu seperti World Wide Web.

Pada tahun 1992, ia bersama Bruce Gilliat mendirikan Alexa Internet.Inc.

Namun seiring waktu, pada tahun 1995 ia menjual WAIS, Inc ke AOL dengan harga sebesar $ 15 juta.

Tak hanya itu saja, pada tahun 1999, ia menjual Alexa Internet.Inc kepada Jeff Bezos, pemilik toko online terbesar di dunia, Amazon.com dengan nilai jual saat itu sebesar  $ 250 juta saham.

Alasan Kahle menjual Alexa.com, karena pada saat yang sama (tahun 1995) ia juga mendirikan Internet Archive. Sehingga Kahle memutuskan untuk lebih fokus pada Internet Archive.

Kahle juga seorang anggota dari Balai internet of Fame, anggota dari American Academy of Arts dan Ilmu Pengetahuan, anggota National Academy of Engineering.
Dia juga seorang anggota dewan penasihat Infrastruktur Informasi Nasional Digital dan Program Pelestarian Perpustakaan Kongres , dan merupakan anggota dari National Science Foundation Komite Penasehat untuk Cyberinfrastructure.

Pada 2010, Kahle memperoleh gelar doktor kehormatan dalam ilmu komputer dari Simmons College.

Kini Kahle dan istrinya, Mary Austin, membangun satu organisasi/foundation yang disebut dengan Yayasan Kahle / Yayasan Austin.
Foundation ini mendukung Free Software Foundation untuk perusahaan proyek-proyek diseluruh dunia.


R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 12:05 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Mas agoes
Kamis, 26 Oktober 2017 07:51 wib
jika tidak memiliki website silahkan klik link ini paket jasa pembuatan website dan SEO murah

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru