riau24 Dua Pemilik Toko di Jakarta Pusat Ditangkap Polisi karena Palsukan Program Microsoft | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Nasional

Dua Pemilik Toko di Jakarta Pusat Ditangkap Polisi karena Palsukan Program Microsoft

1
Windows
Berita Riau -  Dua Pemilik Toko di Jakarta Pusat Ditangkap Polisi karena Palsukan Program Microsoft

JAKARTA, Riau24.com - Aparat Subdit I Industri dan Perdagangan Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya membekuk dua pelaku pemalsu program Microsoft. Keduanya merupakan pemilik toko komputer di salah satu pertokoan di wilayah Jakarta Pusat.

Kanit III Subdit Indag Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Faisal Fikriyanto, menuturkan pengungkapan kasus tersebut setelah polisi mendapat laporan langsung dari pihak Microsoft.

Mereka melaporkan terkait banyak beredarnya program Microsoft serta aksesori komputer berlabel Microsoft palsu yang dijual para pelaku. Kedua pelaku yakni berinisial FY, pemilik toko M dan F pemilik toko V di kawasan Jakarta Pusat.

"Keduanya diketahui memperdagangkan program dan aksesori palsu COA (key) atau stiker lisensi dengan merek Microsoft tanpa ijin. Ini melanggar hak cipta," ujar Faisal di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/6/2016).

Faisal menjelaskan modus yang dilakukan toko M yakni memasarkan program software Microsoft Windows dan stiker lisensi COA (key) Windows palsu melalui situs internet. Sementara Toko V menawarkan kepingan CD software Microsoft Windows hanya kepada pelanggan yang datang ke tokonya.

"FY ini memasarkan program palsu itu melalui situs jual belionline Kaskus," ucapnya.

Faisal menerangkan untuk harga kepingan program palsu yang dijual, para pelaku membandrol dengan harga Rp 500.000 hingga Rp 750.000. Harga itu berbeda jauh dengan program softwareyang asli dari distributor resmi yakni Rp 2.500.000.

"Omset yang mereka dapatkan dalam sebulan sekitar Rp 50 juta. Sedangkan total kerugian yang dialami pihak Microsoft pun hampir sekitar Rp 1 miliar," kata Faisal.

Dari tangan pelaku polisi menyita barang bukti berupa, 289 keping CD program software Microsoft Windows, 30 lembar stiker lisensi (COA) dan satu lembar bon pembelian tanggal 15 Februari 2016 dari toko Vira Jaya Komputer.

Atas perbuatanya pelaku dijerat Pasal 94 UU Nomor 14 Tahun 2001 tentang Merek dengan ancaman pidana penjara satu tahun atau denda Rp 200 juta.

R24/gig/kom 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 12:08 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru