riau24 BPS : Kenaikan Komoditas Pangan Akan Mendorong Laju Inflasi | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Bisnis

BPS : Kenaikan Komoditas Pangan Akan Mendorong Laju Inflasi

0
Pengusaha Beras
Berita Riau -  BPS : Kenaikan Komoditas Pangan Akan Mendorong Laju Inflasi
Jakarta, Riau24.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut kenaikan sejumlah komoditas pangan akan mendorong laju inflasi bulan ini. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah harga beras.

Kepala BPS, Suryamin menjelaskan, harga beras sempat naik di minggu pertama Juni. Selain beras, ada beberapa komoditas pangan lain yang naik, cuma Suryamin menolak menyebut apa saja komoditas itu.

Selain itu, Suryamin juga menolak menyebut perkiraan inflasi untuk bulan ini.

"Sampai minggu pertama memang beras yang tadinya turun agak sedikit naik. Minggu pertama ada yang tadinya turun, terus meningkat. Tapi saya tidak akan sebutkan apa saja, paling sekitar nol koma sekian secara rata-rata," ujar Suryamin usai rapat koordinasi paket kebijakan ekonomi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Selasa (14/6/2016).

"Kita tidak memprediksi. Tapi, sudah ada beberapa komoditas menunjukkan kenaikan. Itu juga kenaikannya masih dalam batas-batas terkontrol, tidak langsung melejit," lanjut Suryamin.

Suryamin menjelaskan, kenaikan harga beras terjadi karena masa panen raya mulai berakhir. Selain itu, harga gabah di tingkat petani sedang naik.

"Itu dampaknya di Juni pasti ada," kata Suryamin.

Meski akan mendorong inflasi pada bulan ini, menurut Suryamin, Bulog sudah mengantisipasi sejak awal dengan membeli harga beras saat panen raya sehingga stoknya masih ada. Langkah selanjutnya adalah operasi pasar harus dilakukan pada saat yang tepat.


R24/gig/det

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru