riau24 Polandia-Indonesia Teken MoU Pengembangan Industri | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Polandia-Indonesia Teken MoU Pengembangan Industri

0
Menteri Perindustrian Saleh Husin -- ANTARA FOTO/ho/Rudi
Berita Riau -  Polandia-Indonesia Teken MoU Pengembangan Industri

Warsawa-Riau24.com - Kunjungan Menteri Perindustrian Saleh Husin ke Polandia membuahkan peluang kerjasama baru bagi Indonesia. Polandia-Indonesia meneken nota kesepahaman (MoU) ekspor-impor,  pendidikan dan transfer ilmu pengetahuan serta teknologi beragam industri.

"Polandia membuka peluang kita untuk memanfaatkan pelabuhan mereka menjadi pintu masuknya produk Indonesia ke Eropa Tengah dan kawasan Eropa lainnya. Ini diharapkan meningkatkan ekspor andalan kita seperti minyak kelapa sawit atau crued palm oil/CPO,” kata Menperin di Warsawa, Polandia, Jumat (11/9/2015).

Kesepahaman ini  Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dengan Kementerian Perekonomian Republik Polandia. Dari pihak Polandia, Menteri Perekonomian sekaligus Wakil Perdana Menteri, Janusz Piechocinski yang menandatangani.

Nota kesepahaman itu mencakup pengembangan industri kimia, kedigantaraan dan maritim, suku cadang dan komponen, industri permesinan. Khususnya untuk pertambangan dan pemadam kebakaran, industri baja khusus, pengolahan makanan dan industri alat kesehatan.

Hasil kedua, pemerintah Polandia membuka kesempatan bagi Indonesia untuk mengekspor produk tekstil dan komoditas lainnya. Selain itu menjalin kerja sama industri dan investasi. Sekitar 20 pengusaha terkemuka Polandia akan berkunjung ke Indonesia pada akhir September nanti.

Ketiga, Indonesia-Polandia sepakat menjalin kemitraan di bidang pendidikan. Kerjasama dilakukan dilakukan oleh Alstom Power dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Perusahaan multinasional rekayasa teknologi itu memberikan peluang kepada sekitar 20 mahasiswa ITB untuk magang di pabrik produsen turbin pembangkit listrik milik Alstom.

"Penandatangan memorandum of understanding-nya akan dilakukan di Bandung sekitar akhir September atau awal Oktober mendatang," ungkap Dubes RI untuk Polandia, Peter Frans Gontha.

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru