riau24 Nissan Versus Toyota dan Honda, Teknologi "Fuel Cell" | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Otomotif

Nissan Versus Toyota dan Honda, Teknologi "Fuel Cell"

0
Nissan
Berita Riau -  Nissan Versus Toyota dan Honda, Teknologi
Yokohama, Riau24.com – Nissan mengumumkan, Selasa (14/6/2016), sedang mengembangkan kendaraan yang memakai aplikasi lain teknologi fuel cell. Beda seperti cara Toyota dan Honda, teknologi Nissan memanfaatkan etanol yang diklaim lebih mudah digunakan dan minim infrastruktur pendukung.
Fuel cell adalah perangkat pengubah reaksi kimia hidrogen menjadi tenaga listrik. Pada kendaraan sistem ini masuk komersial sejak Toyota mulai menjual Mira, akhir 2014, lantas disusul Honda dengan Clarity pada awal tahun ini.

Teknologi baru Nissan disebut e-bio fuel cell. Pada dasarnya sistem ini berbagi fundamental seperti Mirai dan Clarity, sebab tetap membutuhkan hidrogen buat menghasilkan listrik sebagai sumber tenaga gerakan mobil.

Kedua model tradisional itu membutuhkan tangki bertekanan tinggi, berbahan serat karbon, sebagai penyimpanan cadangan hidrogen yang disuplai langsung lewat stasiun pengisian hidrogen. Akan tetapi, sistem Nissan menghasilkan hidrogen di dalam mobil lewat komponen bernama reformer.

Perangkat itu yang mengubah etanol menjadi hidrogen. Pihak Nissan mengatakan etanol yang terbuat dari tanaman seperti tebu dan jagung, lebih mudah dicari dibanding hidrogen.

Salah satu masalah yang dialami Toyota dan Honda yaitu investasi stasiun pengisian hidrogen sebagai infrastruktur pendukung.  Sistem Nissan tidak perlu begitu sebab etanol telah digunakan sebagai bahan bakar sejak lama. Salah satu negara yang paling memanfaatkannya adalah Brasil.

“Dengan menggunakan bahan bakar ini, aplikasinya bisa lebih luas. Kami tidak butuh infrastruktur hidrogen. Itulah keuntungan terbesarnya, termasuk lebih aman,” ujar Executive Vice President  Nissan Motor Co Hideyuki Sakamoto, seperti diberitakan Automotive News, Selasa (14/6/2016).

Nissan berecana mulai menjual mobil e-bio fuel cell pada 2020 sebagai bagian dari usaha global membuat mobil lebih ramah lingkungan.

R24/gig/kom

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru