riau24 KSOP Dirikan Posko Angkutan Lebaran Libatkan Instansi Kepelabuhanan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dumai

KSOP Dirikan Posko Angkutan Lebaran Libatkan Instansi Kepelabuhanan

0
Berita Riau -  KSOP Dirikan Posko Angkutan Lebaran Libatkan Instansi Kepelabuhanan

Dumai, Riau24.com - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I Dumai mempersiapkan masa angkutan Lebaran melalui jalur laut dengan medirikan posko pengendali serta pengamanan di Terminal Penumpang PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai.

“ Posko mulai beroperasi 18 Juni, dan ditutup 24 Juli 2016. Semua instansi kepelabuhanan Dumai dilibatkan,” ujar Kepala Seksi Kesyahbandaran KSOP Kota Dumai Barnabas kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, posko tersebut disiapkan di terminal pelabuhan penumpang kapal ferry. Dimana, tugas dan fungsi dari posko tersebut selain untuk pengamanan juga untuk memonitor serta mengendalikan arus penumpang kapal yang melayani angkutan orang dan barang, agar aktivitas mudik berlangsung tertib lancar.

Sementara instansi yang terlibat dalam tugas pengamanan dan pengendalian arus mudik angkutan mudik lebaran jalur laut tahun 2016, kata Barnabas, melibatkan TNI/Polri, Dishub Kota Dumai, Navigasi, BC, Kantor Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Karantina dan PT Pelindo I.

“Pengamanan dilakukan bersifat persuasif dengan pelayanan kepada masyarakat yang akan bepergian mudik dan balik lewat jalur laut demi kelancaran serta ketertiban angkutan lebaran ini,” terangnya.

Lanjutnya, KSOP Klas I Dumai juga akan senantiasa memantau kondisi cuaca di perairan dalam rangka keselamatan berlayar, mengingatkan pengguna jasa di kepelabuhanan agar meningkatkan keselamatan dan kewaspadaan di laut.

Sesuai pantauan di lapangan, belum terlihat peningkatan penumpang kapal di terminal Pelabuhan Dumai. Kendati demikian KSOP Klas I Dumai mengingatkan perlunya mengutamakan keselamatan berlayar dengan menghimbau nakhoda kapal agar memperhatikan aturan yang berlaku dan memperhatikan faktor keamanan serta kenyamanan dalam berlayar.

“Utamakan keselamatan pelayaran. Nakhoda kapal diimbau agar senantiasa memperhatikan aturan yang berlaku serta memperhatikan factor kemanan berlayar di perairan,” harap Barnabas.


R24/dev/dik
 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru