riau24 Jelang Lebaran, Uji KIR Kendaraan di Rohul Meningkat 15 Persen | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Rokan Hulu

Jelang Lebaran, Uji KIR Kendaraan di Rohul Meningkat 15 Persen

0
Berita Riau -  Jelang Lebaran, Uji KIR Kendaraan di Rohul Meningkat 15 Persen

Rohul, Riau24.com - Jelang Lebaran 1437 Hijriah tahun 2016, unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishublominfo) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengalami peningkatan 15 persen permintaan uji kelaikan jalan (KIR).

“Jelang Lebaran, terjadi lonjakan permintaan KIR kendaraan hingga mencapai 15 persen dari hari biasa,” kata Kepala UPT PKB Dishubkominfo Rohul, Yusom, Rabu (15/6/2016) di Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, jelang Lebaran tiap harinya jumlah angkutan umum dan pribadi yang diuji bisa mencapai 25-30 unit kendaraan dari hari biasa rata-rata hanya 15 kendaraan.
Dari jenis kendaraan yang diuji KIR di PKB Rohul itu adalah kendaraan angkutan barang dan kendaraan umum dan pribadi.

Dari puluhan kendaraan yang diuji setiap harinya, banyak juga kendaraan yang tak layak jalan. Sehingga UPT PKB merekomendasikan pemilik kendaraan untuk melengkapi kembali dan bisa menguji kembali KIR kendaraannya.

Pelayanan uji KIR sendiri, kata Yusom berlaku selama 6 bulan, bagi kendaraan telah lulus akan diberi tanda. Yusom menjelaskan meski begitu sopir atau pemilik kendaraan tetap wajib memeriksakan kendaraanya secara berkala.

"Agar setiap hari tetap layak jalan seperti memeriksa rem, kopling, ban, dan kelengkapan lainnya," ajak Yusom.

Lebih lanjut dikatakannya, manfaat dari Uji KIR sendiri selain untuk kelaikan jalan kendaraan, juga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu-lintas terlebih lagi nanti saat mudik lebaran. Mobilitas kendaraan akan meningkat. Sehingga Uji KIR ini sangat wajib dilakukan.‎

“Uji KIR ini sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadinya lakalantas. Untuk itu marilah kita selalu waspada dengan rutin menguji KIR kendaraan,” pungkasnya.‎


R24/dev/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru