riau24 Ini Lho Hukum Memperlambat Haid Agar Bisa Berpuasa | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Ramadhan

Ini Lho Hukum Memperlambat Haid Agar Bisa Berpuasa

1
Berita Riau -  Ini Lho Hukum Memperlambat Haid Agar Bisa Berpuasa
Jakarta, Riau24.com - Umumnya wanita Muslim tidak bisa menjalankan puasa satu bulan penuh.Kewajiban ini tidak berlaku bagi Muslimah yang sedang haid. Bahkan merupakan hal yang diharamkan dikerjakan oleh mereka.

Sementara kewajiban menjalankan puasa Ramadan berlaku untuk seluruh Muslim dan Muslimah yang telah akil baliqh. Kewajiban ini sebenarnya amat ditunggu oleh seluruh umat Islam.

Selain dilarang puasa, wanita haid juga dilarang untuk sholat. Hal ini kemudian menjadi keringanan bagi kaum hawa. Jika harus berpuasa, maka hal itu justru terasa berat.

Namun demikian, terdapat sebagian Muslimah yang justru merasa menyesal mengalami haid di bulan Ramadan. Bagi mereka, haid telah menghalangi kesempatan untuk beribadah, meski sebenarnya meninggalkan puasa karena haid merupakan ibadah tersendiri jika diniati karena Allah SWT.

Belakangan ini, dunia farmasi mengalami kemajuan begitu pesat. Kini bahkan telah ditemukan obat yang dapat digunakan untuk memperlambat haid.

Obat ini memungkinkan perempuan tidak mengalami haid dalam jangka waktu tertentu. Kemudian muncul gagasan mengkonsumsi obat ini dengan tujuan dapat menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh.

Lantas bagaimana hukum puasa akibat mengonsumsi obat pelambat haid?

Menurut KH Sahal Mahfuz dalam buku Dialog Problematika Umat, sejauh tidak membawa akibat negatif, maka konsumsi obat pelambat haid tidak dipermasalahkan. Demikian pula dengan puasa yang dijalankan tetap sah.

Hal ini merujuk pada kaidah ushul fiqh, 'ashl al madharr at tahrim wa al manafi al hill' yang artinya 'sesuatu yang tidak dijelaskan status hukumnya oleh dalil agama, apabila bermanfaat hukumnya diperbolehkan, jika membawa madlarat dilarang'.

 

R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 12:43 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru