riau24 Dampak Negati Bulan Ramadhan Bagi Dunia Bisnis Dunia | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Bisnis

Dampak Negati Bulan Ramadhan Bagi Dunia Bisnis Dunia

0
Berita Riau -  Dampak Negati Bulan Ramadhan Bagi Dunia Bisnis Dunia
Jakarta, Riau24.com- Selain bulan Ramadhan indentik bagi umat Muslim untuk berpuasa, ternya dalam dunia bisnis, bulan Ramadan punya dampak ganda. Ada sisi positif dan ada segi negatifnya bulan ini terhadap ekonomi bisnis.

Dilansir dari situs International Business Times, Rabu 15 Juni 2016, selama bulan suci ini, kegiatan bisnis akan berkurang. Hal ini ditandainya dengan banyaknya kantor yang memangkas jam kerja karyawan selama Ramadan.

Pakar kebijakan publik di Harvard Kennedy School of Government, Filipe Campante dan David Yanagizawa-Drott, menemukan ada penurunan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7 persen setiap waktu puasa meningkat satu jam.

"Kami memperkirakan biaya meningkat selama Ramadan," kata keduanya dalam makalah yang diterbitkan di Quarterly Journal of Economics.

Anehnya, kata Campante dan Drott, semakin panjang jam berpuasa, semakin bahagia umat Muslim. Keduanya pun menarik kesimpulan, meskipun bisa meredam pertumbuhan ekonomi, Ramadan rupanya bisa mengangkat orang-orang yang tak berpunya.

Meskipun bisa menurunkan pertumbuhan ekonomi, bulan Ramadan justru membawa angin segar bagi beberapa sektor di bidang bisnis. Dikatakan bahwa bulan Ramadan bisa meningkatkan harga minyak. Selain itu, bulan Puasa juga menggenjot peningkatan jumlah penonton. Pada periode itu, banyak tayangan spesial Ramadan yang disiarkan berbagai saluran televisi.

Selain positif bagi bisnis minyak dan gas (migas) dan penyiaran, Ramadan juga baik untuk bisnis makanan. Menurut data Nielsen, penjualan kurma, makanan pencuci mulut, dan cokelat meningkat selama Ramadan. Tak hanya itu, Ramadan juga merupakan bulan baik untuk pengembang aplikasi Ramadan.

 

 

R24/dev

   
 
 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam