riau24 Wilayah Kebijakan Plastik Berbayar di Perluas | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Nasional

Wilayah Kebijakan Plastik Berbayar di Perluas

1
Diet Tas Plastik
Berita Riau -  Wilayah Kebijakan Plastik Berbayar di Perluas

Jakarta, Riau24.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memperluas cakupan wilayah atas uji coba kebijakan plastik berbayar sekaligus memperpanjang masa percobaannya setelah 3 bulan terakhir.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyatakan perluasan wilayah yang selama ini sudah diaplikasikan pada 17 kota di Indonesia adalah Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon dan Jayapura.

"Percobaan 3 bulan itu kurang, kami ingin memperluas wilayah percobaan kebijakan, jadi kami ingin perpanjang (masanya)," ujar Siti di gedung DPR, kemarin (15/6).

KLHK mencatat sedikitnya enam kota lainnya telah menyatakan komitmennya untuk bergabung. Keenam kota tersebut antara lain Kendari, Malang, Pekanbaru, Yogyakarta, Banda Aceh dan Tangerang Selatan.

Menurut survei yang dilakukan KLHK pada 160 ritel modern, 92 persen pembeli sadar dampak buruk dari penggunaan plastik berlebihan pada lingkungan. Sebesar 67 persen setuju untuk membawa tas belanja sendiri.

Lebih lanjut, Siti menegaskan, peraturan menteri terkait penerapan kebijakan plastik berbayar ini direncanakan rampung pada bulan ini. Walaupun demikian, dia menyatakan,
terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum benar-benar menerapkan kebijakan tersebut, di antaranya masih minimnya harga yang diterapkan sehingga dinilai tak memberikan dampak terhadap pengurangan plastik.

Lebih lanjut, Siti mengatakan, alokasi uang yang didapat dari masyarakat yang menggunakan plastik juga patut untuk dipertimbangkan. Rencananya, alokasi uang dari plastik berbayar tersebut akan dialokasikan kepada masyarakat untuk kepentingan pengelolaan dan penanganan sampah.

Oleh karena itu, diperlukan adanya kerjasama dan koordinasi khususnya antara asosiasi pengusaha ritel, organisasi sipil dan masyarakat. Siti juga menyatakan pentingnya penerapan audit terkait dengan pengelolaan dana tersebut.

R24/gig 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 12:50 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru