riau24 XL Pantau Jaringan FO dengan Sistem FIMO | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Teknologi

XL Pantau Jaringan FO dengan Sistem FIMO

0
Ilustrasi
Berita Riau -  XL Pantau Jaringan FO dengan Sistem FIMO
Riau24.com - Dalam hal kenyamanan pengguna jaringan, berbagai cara dilakukan operator untuk meningkatkan kinerja jaringan. Hal ini yang dilakukan pada XL, menggunakan teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja jaringan telekomunikasi dan data. Untuk itu XL menerapkan sistem terbaru yaitu monitoring "FIMO" jaringan Fiber Optic (FO) yang merupakan jaringan utama XL di seluruh wilayah jaringannya.

FIMO sangat bermanfaat dengan sistem monitoring yang kemampuan mendeteksi titik di mana terjadi gangguan kualitas FO secara akurat tanpa menunggu sampai putus.

"Fimo adalah sistem monitoring untuk fiber optic yang berfungsi untuk melakukan monitoring secara terus menerus atas ketersediaan dan kualitas jaringan FO. Kami sangat membutuhkan FIMO karena jaringan FO milik XL sangat luas, hampir meliputi seluruh Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, dan Kalimantan. Dengan kemampuannya mendeteksi gangguan pada FO, kami bisa segera mengatasi masalah yang ada jika memang terjadi gangguan, sehingga pelayanan kepada pelanggan tetap terjaga dengan baik," ujar Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, dalam keterangannya, Kamis (16/06)

Sebelum menggunakan sistem ini, apabila terjadi gangguan putus kabel maka dilakukan
identifikasi ke titik terdekat, setelah itu dilakukan pengukuran untuk mengidentifikasi
apa yang menyebabkan gangguan atau putus kabel FO, setelah itu tim teknisi baru akan ke titik terjadinya gangguan untuk melakukan perbaikan. Hal ini memakan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan biaya, maka setelah penerapan sistem FIMO ini maka akan terpangkas waktu dan biaya agar masalah gangguan bisa di atasi dengan cepat.

November 2015 XL telah menerapkan sistem FIMO sebagai tahap pertama. Untuk tahap kedua masih dalam proses untuk jalur FO yang lebih panjang dan meliputi wilayah seluruh Indonesia.

R24/fjr
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru