riau24 Banyaknya Nelayan Yang Ditodong Pistol Oleh Polisi Malaysia, Harus Jadi Perhatian Pemprov Riau | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Rokan Hilir

Banyaknya Nelayan Yang Ditodong Pistol Oleh Polisi Malaysia, Harus Jadi Perhatian Pemprov Riau

0
Berita Riau -  Banyaknya Nelayan Yang Ditodong Pistol Oleh Polisi Malaysia, Harus Jadi Perhatian Pemprov Riau
Bagansiapi-api, Riau24.com - Untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para nelayan agar tidak sering diintervensi Polisi Diraja Malaysia kini menjadi PR untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil). Karena, akhir-akhir ini banyak nelayan Rohil yang diusir bahkan ditodong senjata oleh Polisi dari Negara Jiran tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Rohil, Murkan Muhammad SPdI di Bagansiapiapi, Rabu (15/6/2016). Menurutnya sudah banyak terjadi kejadian yang tidak mengenakkan yang menimpa nelayan asal Rohil tersebut.

"Kita baru-baru ini dapat laporan kalau ada nelayan asal Rohil yang diusir oleh Polisi Diraja Malaysia. Bahkan tak hanya diusir, mereka juga ditodongkan pistol dengan alasan kalau nelayan Rohil menangkap ikan di wilayah negaranya. Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran bagi kami untuk melaut,"ujarnya.

Murkan juga berharap agar kenyataan pahit yang dialami oleh nelayan Rohil ini dapat dibantu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil, mengingat sebagian besar warga Rohil bermata pencaharian sebagai seorang nelayan.

"Kami ingin supaya dibantu oleh Pemkab Rohil. Kami ingin diberikan rasa nyaman dan aman saat melaut, karena kami melaut juga untuk menghidupi keluarga. Malaysia jangan seenaknya mengusir nelayan, apalagi di perairan Indonesia sendiri. Untuk itu Pemkab Rohil harus koordinasi dengan Pemerintah Riau dan pusat", harapnya.

Murkan yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asal Partai Demokrat mengatakan kejadian nelayan Rohil diusir dan ditodong pistol oleh polisi Diraja Malaysia ternyata bukan kali pertama terjadi, bahkan sudah sering terjadi. Ia juga sangat mengharapkan agar hal itu menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, agar Polisi Diraja Malaysia tidak semena-mena terhadap nelayan asal Rohil.


R24/dev


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru