riau24 Kawasan Hutan Potensi Wisata Kuansing | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kuantan Singingi

Kawasan Hutan Potensi Wisata Kuansing

1
Berita Riau -  Kawasan Hutan Potensi Wisata Kuansing
Kuansing, Riau24.com - Potensi wisata yang tersebar di Kabupaten Kuantan Singingi, baik potensi wisata alam maupun sejarah seluruhnya berada dalam kawasan hutan. Bahkan tidak jarang terdapat dalam kawasan hutan lindung.

Hal ini dapat di lihat potensi wisata air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik yang letaknya berada dalam kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, begitu juga air terjun batang koban lubuk ambacang kecamatan hulu kuantan, air terjun pati soni, air terjun batang ogan, air terjun batang danalu dan sebagainya.

Sementara potensi wisata sejarah yang dimiliki kuansing, juga banyak terdapat di dalam kawasan hutan lindung seperti goa dan padang candi atau bekas peninggalan kerajaan istana dhamna yang berada di kawasan hutan lindung bukit betabuh.

"Jadi sangat banyak juga potensi wisata yang dimiliki Kuansing ini, berada dalam kawasan hutan lindung," Ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kuantan Singingi, Pramudio Nandar, SP saat bincang-bincang diruang kerjanya.

Sedangkan hutan lindung yang sangat potensi untuk dikunjungi juga terdapat hutan Kota Pulau Bungin, yang berada di Kota Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi.

Saat ini selain sebagai tempat untuk berekreasi, Hutan Kota Pulau Bungin juga sebagai paru-paru kota dan mengurangi polusi. Di Hutan Kota Pulau Bungin disediakan tempat-tempat duduk bagi pengunjung dan ada pula sebuah Jalur (perahu panjang) di bawah cungkup, yang merupakan ikon Kuantan Singingi, ujarnya.

Keberadaan hutan kota di Teluk Kuantan untuk keindahan dan keasrian kota. Saat ini, Teluk Kuantan hanya memiliki 2 hutan kota masing-masing di Pulau Bungin desa Koto, dan Kompleks Pemda Kuansing di kelurahan Sungai Jering, sebutnya.

Keberadaan hutan kota tentu saja bisa dinikmati oleh masyarakat, dan dijadikan sebagai tempat santai, dan olahraga. Maka dari itu, Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi melakukan pembenahan terhadap hutan lindung Pulau Bungin, tukasnya.


R24/dev/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Herman
Kamis, 16 Juni 2016 20:18 wib
Pemerintah daerah harusnya libatkan perusahaan swasta bangun jalan.daerah perhentian sungkai,sungai besar,kritang,sisip,jalanya masih tanah padàhal pt.tbs uda byk mengeruk hasil.bagi dong hasilnya buat jalan.
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru