riau24 MUI : Biarlah Rumah Makan Tetap Buka, Namun Hendaknya Diberikan Spanduk Peringatan | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Rokan Hilir

MUI : Biarlah Rumah Makan Tetap Buka, Namun Hendaknya Diberikan Spanduk Peringatan

0
Berita Riau -  MUI : Biarlah Rumah Makan Tetap Buka, Namun Hendaknya Diberikan Spanduk Peringatan
Rohil, Riau24.com - Disaat Pemerintah Daerah (Pemda) Serang sibuk menutup rumah makan yang berjualan di siang hari, tapi tidak dengan Pemda Rohil.

Meskipun saat ini bulan Ramadhan, untuk bentuk toleransi antar umat beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat tetap memperbolehkan rumah makan non muslim beroperasi seperti biasa. Rumah makan di Rohil tersebut pun tidak dibatasi jam buka dan jam tutupnya.

Ketua MUI Rohil, Drs. Wan Ahmad Siful, M.Si, saat ditemui  pada Jum’at (17/6/16) memiliki pendapat yang sedikit berbeda. Menurutnya, tidak masalah rumah makan buka disiang hari, namun sebaiknya ditulis larangan/peringatan semacam spanduk di depan rumah makan tersebut.

"Kami ingin menunjukkan torelansi umat beragama diterapkan masyarakat Rokan Hilir. Karena ada pendapat ulama, boleh rumah makan tetap beroperasi dan berjualan disiang hari selama bulan Ramadhan, tapi kami himbau sebaiknya dituliskan semacam larangan. Misalnya "Rumah Makan Khusus Untuk Yang Tidak Berpuasa". Jadi yang boleh masuk ke rumah makan tersebut hanya non muslim, seorang musafir atau memang dia dibenarkan tidak berpuasa sesuai syariat misalnya sedang hamil, " ujarnya.

Apalagi, Rohil sebentar lagi akan mengadakan event penting dan sudah menjadi tradisi tahunan yakni Ritual Bakar Tongkang. Dengan dibukanya rumah makan di Rohil, tentu juga akan membantu para wisatawan yang datang mencari makanan di bulan Ramadhan seperti saat ini.

"Sebentar lagi Rohil ada event penting. Bila rumah makan ditutup, para wisatawan pasti akan sulit mencari makanan. Makanya, kami memiliki pendapat biarlah rumah makan tetap buka, karena Ritual Bakar Tongkang ini juga sangat penting bagi pendapatan wisata Pemkab Rohil", pungkasnya.
 
Bupati Rohil Suyatno dalam Rapat Evaluasi Persiapan Bakar Tongkang juga menyarankan hal yang sama, agar warga Tionghoa pengusaha rumah makan membuka rumah makannya selama Bakar Tongkang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. 


R24/dev
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru