riau24 Tidak Diterima Lagi Oleh Keluarga dan Butuh Makan, Pemuda Ini Nekad Melakukan Aksi Ini... | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Kriminal

Tidak Diterima Lagi Oleh Keluarga dan Butuh Makan, Pemuda Ini Nekad Melakukan Aksi Ini...

1
Berita Riau -  Tidak Diterima Lagi Oleh Keluarga dan Butuh Makan, Pemuda Ini Nekad Melakukan Aksi Ini...

Rohul, Riau24.com - Satuan Reskrim Polres Rokan Hulu (Rohul) ungkap pelaku pencurian di rumah milik Kasi Pidsus Kejari dan Kasi Intel Kejari Pasirpangaraian serta sebuah rumah pejabat di Perumahan Dinas Pemda Rohul yang kosong‎.

Dimana, tiga pelaku pembobol rumah kosong tersebut merupakan  residivis, yakni AH (21) warga Batang Samo Hulu Desa Suka Maju Kecamatan Rambah. Serta dua pria lainnya merupakan warga Desa Langkitin Kecamatan Rambah Samo, yakni RK (31), dan PR (24)‎.

‎Dimana, saat ekspos pencurian spesialis rumah kosong di digelar oleh Satreskrim Polres Rohul pada Sabtu (18/6), AH yang merupakan seorang resedivis spesialis pencurian Rumah kosong mengungkapkan, dirinya melakukan tindakan pencurian karena butuh makan. 

"Saya sudah tidak diterima dikeluarga bang, saya gak tahu lagi mau bagaimana, saya juga butuh makan pekerjaan gak ada, makanya saya mencuri bang," katanya.

Dirinya mengaku, upaya untuk mencari pekerjaan telah dilakukukanya. Mulai dari buruh hingga menjadi penjaga toko, juga tak membuahkan hasil. Tak ada orang yang mau memperkerjakanya. Hal tersebut lah yang mendorongnya untuk melakukan tindakan kriminal kembali. 

AH menambahkan, dirinya sudah lima kali keluar masuk penjara, dengan kasus yang sama. Namun kali ini dirinya merasa menyesal dan ingin berubah. Ketika bebas tidak lagi melakukan perbuatan kriminal lagi.

"Saya mau berubah bang, walaupun saya pendidikan saya hanya mencapai kelas 3 SD, saya akan berubah untuk menjadi yang lebih baik," jelasnya. 

‎Masih ditepat yang sama, Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono SIK,M.Hum, melalui  Kasat Reskrim AKP. Muhamad Wirawan Novianto menjelaskan, ‎ pengungkapan yang dilakukan Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Rohul pada Kamis (16/6) sekira pukul 10.00 WIB, polisi menangkap sedikitnya tiga  pria terduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan spesialis rumah kosong.

"Selain AH, RK dan PR juga merupakan residivis, yang mana RK dan PR sudah dua kali masuk penjara, meraka merupakan pemain lama, spesialis Rumah kosong," imbuhnya. 

Dilanjutkannya, motif dari ketiga tersangka, yakni mencari rumah yang sering ditinggalkan oleh pemiliknya. Setelah melakukan pengintaian, tersangka mulai melancarkan aksinya, melalui pintu belakang.

AKP. Wirawan Novianto mengungkapkan, ketiga tersangka kita kenakan Pasal 363, Ayat 1 butir 3,4,5 dengan acaman maksimal 9 tahun penjara.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk lebih berhati-hati dalam meninggalkan rumah. Selalu titipkan Rumah anda kepada tetangga, yang tidak berpergian. 

"Yang jelas, perhiasan atau barang-barang berharga lainya, titipkan saja kepada tetangga, tentunya akan lebih aman," jelasnya. 

‎Perlu diketahui,  ketiga tersangka ditangkap sesuai laporan polisi nomor: LP/92/VI/2016, tanggal 15 Juni 2016 lalu dengan pelapor Yolla Yohanda, dengan tempat kejadian perkara (TKP) di Komplek Perumahan Pemda Rohul.

Dari ketiga tersangka, polisi menyita barang bukti terdiri satu unit televisi Samsung Led 32 inci, satu unit  DVD LG, dua buah  jam tangan, dan satu dompet warna coklat.

Bukan hanya itu saja, polisi juga berhasil mengamankan, satu remote televisi Samsung, satu unit kamera digital Sony, uang tunai 20 Dollar Singapura yang terdiri dari 5 dolar 2 lembar, 10 dolar 1 lembar, dua kasur  lipat, dan satu unit  sepeda lipat merk Element, serta satu untit  sepeda motor Honda Beat warna putih juga Diamakan dari ketiga tersangka.

Dimana, dugaan pencurian pemberatan berawal pada Jumat (10/6) sekira pukul 00.01 WIB. Awalnya, tersangka AH jalan-jalan ke Komplek Perumahan Pemda Rohul untuk mencari rumah kosong yang ditinggal oleh pemiliknya.

Tersangka AH masuk ke rumah pelapor Yolla, tak lain istri dari Kasi Pidsus Kejari Pasirpangaraian yang tengah berada di Pekanbaru. Tersangka masuk dengan cara mencongkel dan memanjat jendela rumah korban.

Merasa berhasil dengan aksinya, keesokan harinya, Sabtu (11/6) sekira pukul 00.01 WIB, tersangka AH  mengajak tersangka RKdan tersangka PR untuk mengulangi masuk ke rumah Kasi Pidsus Kejari Pasirpangaraian melalui pintu belakang yang sudah terbuka.

Setelah itu, ketiganya kemudian melakukan pencurian di rumah dinas Kasi Intel Kejari Pasir Pasirpangaraian (belum melapor) yang bersebelahan dengan rumah dinas Kasi Pidsus Kejari, dengan cara mencongkel dan masuk melalui jendela. Selanjutnya, semua hasil pencurian dibawa ke rumah kontrakan.

 

R24/dev/ags

 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Senin, 16 Oktober 2017 10:18 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/TYOozBX.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru