riau24 Joohny Sarikoen: Belum Terima Pengaduan tentang THR, tetapi Laporkan Kalau tak Dibayar | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Joohny Sarikoen: Belum Terima Pengaduan tentang THR, tetapi Laporkan Kalau tak Dibayar

0
Berita Riau -  Joohny Sarikoen: Belum Terima Pengaduan tentang THR, tetapi Laporkan Kalau tak Dibayar
 
Pekanbaru, Riau24.com - Terkait pembayaran atas Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja, di Kota Pekanbaru. Saat ini Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sudah membuka Posko Pengaduan. Namun disaat ini, belum ada menerima laporan atau pengaduan.
 
"Kita sudah membuka Posko atas Pengaduan THR Idul Fitri 1437 H atau 2016 M. Namun hingga saat ini, kita belum ada terima laporan atau semacam pengaduan. Tetapi kalau memang tidak dibayar THR, segera laporkan," ujar Kadisnaker Pekanbaru, Joohny Sarikoen.
 
Dikatakannya, bagi pekerja dapat melaporkan dengan datang pada Kantor Disnaker Pekanbaru yang beralamat di Jalan Kapling I/Jalan Samarinda Nomor 29, ataupun ini dapat membuat surat pengaduan dengan melampirkan nama yang melapor. Tapi, tetap dilindungi.
 
"Disnaker Kota Pekanbaru sudah membentuk Tim Pemantau THR. Tim inilah memantau perusahaan yang melanggar ketentuan. Kalau tim ini terdiri dari pihak Kepolisian, Jamsostek, Wakil Serikat Pekerja, Wakil Pengusaha, serta Disnaker sendiri," ujar Joohny Sarikoen.
 
Umpama sambung Joohny, kalau ada temuan dari tim serta bahkan mendapat laporannya pengaduan dari karyawan bahwa perusahaan tidak membayar THR. Maka nanti tim dari Disnaker ini, akan segera datangi perusahan tersebut untuk menindaklanjuti masalah itu.
 
Dikatakannya, tim yang di bentuk ini bukan hanya menangani untuk masalah THR saja. Tapi, tim juga melakukan pengawasan terhadap masalah kecelakaan kerja sesuai dengan aturan. "Sebelum lakukan hal ini. Disnaker tentunya lakukan sosialisai dahulu," ungkapnya.
 
Dikarena sambungnya, sosialisasi itu sangat perlu dilakukan. Sebab, biasanya ada surat edaran dikirim Kemenaker RI tentang THR akan Keagamaan. Dan surat itu seperti biasa berisikan aturan-aturan dari pembayaran THR. Surat tersebut,
dikirim Disnakertranduk Riau.
 
"Surat edaran ini biasanya dimuat tentang penjelasan-penjelasannya pembayaran tentang THR. Aturan halnya pembayaran dilaksanakan minimalnya sepekan jelang waktu lebaran. Dan juga, paparkan hak-hak ketentuan didapatkan pekerja kurang dari setahun," ujarnya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru