riau24 Kakankemenag Rohul: Daftar Tunggu JCH 5000 Orang, Berangkat Tahun 2030 | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Rokan Hulu

Kakankemenag Rohul: Daftar Tunggu JCH 5000 Orang, Berangkat Tahun 2030

0
Berita Riau -  Kakankemenag Rohul: Daftar Tunggu JCH 5000 Orang, Berangkat Tahun 2030
Rohul, Riau24.com - Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa berdasarkan data pada Sistem Komputeraisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kantor Kementrian Agama (Kemenag)‎Kabupaten Rokan Hulu, saat ini daftar tunggu Jemaah Calon Haji (JCH) mencapai 5000 orang.
 
Untuk pemberangkatan musim haji tahun 1437 H/2016 M ini, Rohul hanya mendapatkan kouta berangkat haji sebanyak 248 orang, dan diperkirakan seluruh jemaah akan dapat diberangkatkan pada 2030 nanti.
 
“Sampai saat ini, daftar tunggu untuk JCH Rohul sudah mencapai 5000 orang, ini semua baru bisa diberangkatkan pada tahun 2030 nanti,” kata Kakan Kemenag Rohul, Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, Senin (20/6/2016) di Pasir Pengaraan.
 
Tahun 2016 ini, pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenag RI, memprioritaskan jamaah yang belum pernah berangkat haji. Hal ini mengingat terbatasnya jumlah kuota yang disediakan dan banyaknya peminat yang ingin beribadah haji ke Tanah Suci.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, secara prinsif sebenarnya kebijakan pemerintah tersebut tidak ada masalah, bahkan itu membuat peluang sangat besar bagi yang belum berhaji untuk menunaikan ibadah haji.
 
Hanya saja ada kendala dilapangan, misalnya ada suami istri yang sudah dijadwalkan berangkat tahun ini, namun suaminya sudah haji, sehingga mau tidak mau istrinya harus berangkat sendirian, yang lebih parah lagi apabila istri tersebut sudah berusia lanjut, sehingga itu akan menjadi masalah serius, tentu harus ada orang yang mengurusinya.
 
Untuk itu maka Kebijakan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin (LHS) bagi JCH yang sudah petrnah haji dan porsinya termasuk dalam porsi berangkat, maka LHS tetap mempersilahkan untuk melakukan pelunasan pada tanggal 20 s/d 30 Juni 2016, sehingga mereka tetap dapat berangkat haji tahun ini.
 
Mantan Kepala Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Provinsi Riau ini, menambahkan, sebenarnya ibadah haji itu hanya sekali diwajibkan seumur hidup dan untuk kedua itu hukumnya sunah sama seperti ibadah umroh.
 
Masih menurut Ahmad Supardi Hasibuan, untuk persiapan pelaksanaan musim haji 1437 Hijriah tahun 2016 sendiri, saat ini di kecamatan-kecamatan sudah melaksanakan manasik haji, karena pemberangkatan dijadwalkan pada Agustus 2016 mendatang.


R24/dev/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru