riau24 Rumah Makan Surga Dunia : Makan Semaunya, Bayar Suka-Suka | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Bisnis

Rumah Makan Surga Dunia : Makan Semaunya, Bayar Suka-Suka

1
Berita Riau -  Rumah Makan Surga Dunia : Makan Semaunya, Bayar Suka-Suka
Jakarta, Riau24.com - Apa yang dilakukan pemuda bernama Nur Rachman banyak mengundang decak kagum. Dia adalah pendiri rumah makan 'Surga Dunia'. Restoran ini cukup unik karena menerapkan pembayaran seikhlasnya bagi mereka yang tidak mampu.

Mahasiswa tingkat akhir di program studi Kimia FMIPA Universitas Padjadjaran tidak melulu mencari laba. Ada misi kemanusiaan yang menjadi tujuan usahanya, yakni membantu teman-teman mahasiswa maupun masyarakat yang kurang mampu untuk bisa makan dan membayar seikhlasnya.

"Biasanya teman-teman di akhir bulan suka susah makan, karena kehabisan uang. Minimal kita bantu mereka daripada membantu dengan cara mentraktir dan menjadi ketergantungan," kata Ray.

Dibuka sejak 2 tahun lalu, butuh perjuangan besar bagi Ray untuk meyakinkan investor terhadap konsep yang digagasnya. Pengunjung dipersilakan membayar makanan yang dipesannya dengan harga semaunya dan berlaku selama rumah makan beroperasi.

Namun, setelah 3 bulan berjalan, Ray mengalami kerugian. Pasalnya, bukan hanya mahasiwa kurang mampu yang membayar seikhlasnya. Pengunjung yang notabene mampu pun ternyata bayar sesukanya. Hal ini menjadi catatan bagi Ray untuk mengubah konsep agar niat baiknya dapat tepat sasaran.

Bersama tiga teman lainnya, Ray menerapkan waktu tertentu untuk konsep bayar sesukanya tersebut. Namun, lagi-lagi metode ini masih disalahgunakan pengunjung. Ray pun kembali memutar otak. Akhirnya, Ray menerapkan pengunjung yang untuk membayar sesuai dengan harga yang ditetapkan.

"Untuk yang gak mampu tinggal daftar ke kita sehingga kita seperti memberi beasiswa makan. Mereka tinggal daftar, isi formulir dan mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu dan kita akan kasih Kartu Anti Kelaparan. Jadi segmentasinya menjadi lebih jelas," jelasnya.

Sampai saat ini, sudah ada 15 orang yang mendapat Kartu Anti Kelaparan. Selain itu, Ray pun mempersilahkan pengunjung yang mampu untuk membayar lebih.

Konsepnya ini menurutnya menjadi satu-satunya di kawasan Asia. Bahkan, rumah makan yang menerapkan konsep serupa baru dihitung dengan jari.

Tidak heran jika bisnisnya ini mampu menjadi juara pertama di antara sekian banyak pebisnis lainnya yang berkompetisi di ajang Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Nasional, yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI.


R24/dev

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Sabtu, 10 Juni 2017 04:17 wib
asik kalo deket rumah kayak gini :)
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru