riau24 14 Ribu Hektar Kebun Sawit di Siak Akan Jalani Peremajaan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

14 Ribu Hektar Kebun Sawit di Siak Akan Jalani Peremajaan

0
Berita Riau -  14 Ribu Hektar Kebun Sawit di Siak Akan Jalani Peremajaan

Pekanbaru, Riau24.com- Ribuan hektar lahan perkebunan kelapa sawit masyarakat di Kabupaten Siak akan mengalami masa peremajaan. Hal ini dikhawatirkan akan menurunkan kekuatan perekonomian di Siak.


Bupati Siak, Syamsuar mengatakan sebanya 14 ribu hektar lahan perkebunan masyarakat akan dilakukan proses peremajaan. Peremajaan ini dilakukan di beberapa kampung atau desa yang berada di beberapa kecamatan di Siak.


"Di Siak ada beberapa kecamatan dan kampung-kampung akan melaksanakan peremajaan sawit. Kurang lebih 14 ribu hektar di Siak yang akan melaksanakan peremajaan," ujar Syamsuar.


Jika tidak dilakukan peremajaan, Syamsuar khawatir hal ini akan menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik. Sebab selama peremajaan tanaman berlangsung, petani sawit tidak mendapatkan pendapatan dari kebunnya paling tidak selama 4 tahun kedepan karena tanaman sawit yang lama diganti dengan yang baru yang masih muda sehingga membutuhkan proses tahunan untuk menunggu pembuahan berlangsung.


"Nantinya Pemda harus ikut ambil bagian sehingga nanti sambil menunggu sawitnya berbuah, mereka juga punya sumber mata pencaharian lain," tuturnya.


Selain masalah peremajaan sawit, masalah pangan juga akan ditingkatkan oleh Syamsuar di Siak, karena Siak merupakan salah satu daerah penghasil beras seperti Kecamatan Bunga Raya.


"Ada beberapa kecamatan di Siak yang menjadi sumber lumbung padi, itu juga akan kita tingkatkan. Sehingga nanti kita harapkan 5 tahun yang akan datang, kita bisa swasembada pangan dengan hasil kita sendiri," tutupnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru