riau24 Wako Dumai Pimpin Rakor Posko Angkutan Lebaran 1437 H | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Dumai

Wako Dumai Pimpin Rakor Posko Angkutan Lebaran 1437 H

0
Berita Riau -  Wako Dumai Pimpin Rakor Posko Angkutan Lebaran 1437 H
Dumai, Riau24.com - Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Posko Angkutan Lebaran 1437 H / 2016 M yang dipusatkan di Media Center, jalan Putri Tuju Dumai pada Selasa (21/6).

Dalam Rakor yang dihadiri Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting, Dandim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Andrian Siagian, Pejabat Instansi Kepelabuhanan, Deputy General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai Sihar Sihite SH,  Sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemko Dumai, Ketua Organda SW Simanungkalit, INSA dan sejumlah undangan lainnya itu terungkap bahwa Dinas Perhubungan (Dishub) Dumai akan mendirikan Lima Posko Lebaran 1437 H di kota Dumai.

Kelima Posko tersebut didirikan di sector Darat, Laut dan Udara. Untuk sector laut akan didirikan di Terminal penumpang PT Pelindo Dumai dan Pelabuhan RoRo Purnama, udara di Bandar Udara Pinang Kampai dan Posko Darat di Kantor Dishub Jalan HR Soebrantas dan Terminal AKAP Dumai.

Walikota Dumai Drs Zulkifli AS mengatakan,  dalam upaya mengantisipasi segala kemungkinan dan mengurangi accident perlu perhatian semua pihak. Mengingat Kota Dumai juga sebagai daerah  lintasan dan demi suksesnya arus mudik, pelayanan terbaik harus diberikan.

“Mari bersama memberikan pelayanan terbaik,” pinta Walikota saat memimpin rapat.

Kepala Dishub Dumai Bambang Sumantri memaparkan, kesiapan instansinya dalam menghadapi arus mudik melalui Kota Dumai.
Mulai dari pendirian Posko, kesiapan armada angkutan laut domestic dan luar negeri, angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), AKDP serta angkutan udara.

Sementara, Kepala KSOP Klas I Dumai Weku minta akses jalan menuju pelabuhan RoRo Purnama dalam kondisi rusak dan hendaknya segera diperbaiki. Begitu juga parkir kendaraan di trestle tidak diperbolehkan.

Sedangkan di terminal Pelabuhan PT pelindo Dumai dilakukan rekayasa keluar masuk angkutan masuk dan keluar  dari dan ke  terminal.  Untuk itu, PT Pelindo 1 Cabang Dumai diminta untuk membuka akses jalan agar mobil angkutan satu arah masuk terminal terminal Pelabuhan Dumai.

“ Parkir juga hendaknya tidak di depan terminal pelabuhan,” pintanya.

Mendengar itu, Deputy General manager PT Pelindo I Cabang Dumai Sihar Sihite SH mengaku siap melaksanakannya.

Bahkan pada puncak arus mudik nantinya, kata Sihar Sihite, pihaknya siap memberhentikan sementara pelaksanaan renovasi terminal penumpang yang sedang berjalan.

“ Untuk kelancaran arus mudik lebaran, kami siap memberhentikan sementara renovasi bangunan terminal yang saat ini sedang berlangsung,” katanya sembari minta KSOP Dumai untuk dapat menginstruksikan TKBM di terminal Pelabuhan Dumai memakai seragam dan diberi nomor.

Sementara, Ketua Organda Dumai SW Simanungkalit membeberkan kondisi di terminal yang terkesan angker dan ribut. Pasalnya, aparat agen kerap berebut mencari penumpang di terminal pelabuhan. Bahkan tak jarang pula petugas porter ikut mengolah penumpang.

"Hanya di pelabuhan Dumai ada ‘menggonggong’ sehingga terkesan angker dan membuat penumpang kapal yang turun di terminal penumpang takut,” tuturnya.

Sementara Kapolres Dumai, Danlanal Dumai serta Dandim 0320 Dumai siap memberikan bantuan pengamanan arus mudik. Baik pengamanan di posko dan terminal penumpang. Aparat dari tiga institusi tersebut siap membantu.



R24/dev/dik

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru