riau24 Ritual Arak & Bakar Tongkang di Bagansiapiapi | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Pesta Adat

Ritual Arak & Bakar Tongkang di Bagansiapiapi

1
Go Gwee Cap Lak, Ritual Arak & Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
Berita Riau -  Ritual Arak & Bakar Tongkang di Bagansiapiapi

Bagansiapiapi, Riau24.com - Setelah dibuat selama sebulan, akhirnya perahu tongkang diarak di Kota Bagansiapiapi. Setelah diarak, tongkang ini akan dibakar sebagai persembahan.

Rangkaian ritual bakar tongkang atau dalam istilah Tionghoa dengan sebutan Go Gwee Cap Lak kembali diselenggarakan warga etnis tonghoa di Bagansiapiapi, Provinsi Riau (20/6). Usai dibuat selama lebih dari sebulan, replika tongkang hari ini akhirnya selesai dikerjakan dan diarak memutari kawasan sekitar Kelenteng Ing Hock Khing agar warga bisa melihatnya.

Tongkang tersebut awalnya dikeluarkan dengan cara digotong dari sebuah ruko yang berada tepat di sebelah Kelenteng Ing Hock Khing. Tongkang sepanjang sekitar 8 meter tersebut diarak oleh ribuan orang etnis Tionghoa sambil memegang hio memutari kawasan Kelenteng Ing Hock Khing.

Selain mengarak tongkang, masyarakat Tionghoa juga mengarak berbagai ornamen kepercayaan mereka. Ribuan warga tampak berdoa sambil memegang hio ketika tongkang melintas di depan mereka, sebagian di antara mereka mencoba menyentuh tongkang ataupun ikut memikulnya.

Setelah diarak berkeliling, tongkang tersebut kemudian di tempatkan di depan Kelenteng Ing Hock Khing untuk di sembahyangkan dan rencananya tongkang tersebut akan dibawa ke tempat pembakaran dan dibakar esok sore.

Bakar tongkang sendiri merupakan bentuk pemujaan terhadap dewa laut, acara biasanya diawali dengan prosesi sembahyang untuk mengundang dewa langit kemudian mengarak tongkang atau kapal keliling Bagansiapiapi lalu dibakar

Karena popularitasnya tradisi tahunan ini berhasil masuk menjadi salah satu nominasi "Anugerah Pesona Indonesia" untuk kategori festival budaya terpopuler. Ribuan wisatawan rela datang ke Bagansiapiapi untuk melihat prosesi ini.

Tradisi Bakar Tongkang ini diperingati setiap tanggal 16 di bulan kelima setelah perayaan Tahun Baru China. Acara bakar tongkang sendiri telah diselenggarakan di Bagansiapiapi sejak tahun 1878, atau sudah berlangsung sejak 134 tahun.

R24/gig/det 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 12:52 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru