riau24 Ivent Wiasata Bakar Tongkang, Citra Indonesia di Mata Dunia | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Ivent Wiasata Bakar Tongkang, Citra Indonesia di Mata Dunia

0
Berita Riau -  Ivent Wiasata Bakar Tongkang, Citra Indonesia di Mata Dunia
Rohil,Riau24.com- Bupati Rohil H Suyatno memaparkan sejarah dan sekilas terjadinya peristiwa bakar tongkang diBagansiapiapi yang sudahjadi wisata tingkat nasional  Bupati juga menyampaikan bahwa acara ritual dilokasi "wang kang " Kabupaten Rohil khususnya bagansiapiapi  sekitarnya.
 
Pada kesempatan itu Bupati Suyatno juga menyampaikan bahwa Daerah ini mempunyai keaneka ragam tradisi dengan daya tarik tersendiri salah tradisi ritual bakar tongkang  mempunyai potensi menjanjikan buat daerah begitu juga pemerintah kedepan salah satu guna meningkatan perekonomian bagansiapiapi khususnya.
Lanjutnya Bakar tongkang dirayakan masyarakat tionghua dalam rangka memperingati peristiwa sejarah dari perjalanan datangnya para leluhur  tionghua dari daratan china (Selatan thailand) tahun 1872 dengan mengunakan perahu perahu tongkang hingga singgah daerah pesisir sumatera.
 
Setelah itu mereka sepakat dengan tekad bersama untuk tidak kembali kedaerah asalnya untuk menetap daerah bagansiapiapi serta daerah pesisir lainnya. Sebagai tekad tersebut leluhur tionghoa diwujudkan dengan membakar perahu tongkang tersebut.
 
Kemudian peristiwa tersebut, kata Bupati bagi masyarakat tionghoa Rohil khususnya bagansiapiapi telah pula diyakini sebagai peristiwa itu sakral turun termurun diperingati pada bulan kelima penangalan imlek menurut kepercayaan mereka.Setelah peristiwa tersebut sebagai wujud penghormatan terhadap leluhurnya.
 
Seiring perjalanan waktu perayaan tradisi bakar tongkang dianggap sebagai ritual mempunyai keunikan daya tarik,sehingga pada tahun 2016 Event Bagansiapiapi Banyak pengunjung dari Domestik dan Mancanegara diperkira 40 pengunjung yang datang menyaksikan langsung peristiwa ritual bakar tongkang tersebut
Kemudian Bakar tongkang salah satu sebagai Distinasi kalender wisata  tingkat nasional diindonesia.
 
Mulai tahun 2008 lalu kegiatan bakar telah memberi dampak positif bagi daerah baik masyarakat tionghua dan warga tempatan bagansiapiapi
Kemudian agenda bakar tongkang didorong pemerintah daerah untuk meningkatakan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat secara meluas dengan tumbuhnya kelompok ekonomi seperti industri dan pelaku usaha dengan produk hasil banyak terjual salah satunya industri produk kacang pukul bukan saja dikenal pengunjung domestik malahan dunia telah mengenal sejak beberapa tahun lalu.
 
Selain itu menurut Bupati memberi kesempatan kepada masyarakat menjual hasil produknya melalui kegiatan bazar yang telah disedia pemerintah daerah mengingat bakar tongkang telah mengaung mendunia untuk itu diperlukan menyiapkan sarana dan prasarana yang lebih baik representatif dan penyediaannya dapat pula bersumber dari APBN sangat diperlukan tribun pengunjung dan fasilitas lain secara permanen guna mendukung kegiatan bakar tongkang dapat disediakan lebih baik,dalam hal ini tentunya dapat pula meningkatkan citra indonesia yang lebih positif dimata masyarakat internasional dengan event wisata Bakar tongkang .
 
Sementara Gubernur Riau diiwakili  Kadis Pariwisata Provinsi Riau,Fahmizal Ia mengatakan Provinsi Riau memberi Apresiasi dengan agenda acara ritual bakar tongkang potensi wisata provinsi dengan dikunjungan wisatawan mancanegara perlunya kami sampaikan bagaimama event tetap meningkat dari tahun ketahun.Prosesi ritual bakar tongkang  merupakan tradisi budaya masyarakat tionghua bagansiapiapi.
 
Bakar tongkang merupakan salah satu tujuan wisata provinsi Riau hal itu merupakan tradisi generasi kegenerasi tionghoa yang sudah menjadi event kalender wisata nasioal malahan telah mendunia .Ini merupakan budaya kearifan lokal untuk itu perlu dijaga kelestariannya dari persatuan dan kesatuan untuk dapat menghidupkan sendi-sendi  pertumbuhan ekonomi daerah  " Ingatnya.
 
Menurut Kadis Pariwisata Riau lagi, Prosesi bakar tongkang merupakan modal bagi daerah tujuannya Distinasi Wisata  diindonesia. Untuk itu perlu tingkat sehingga menjadi potensi cagar budaya wisata .Ritual  Bakar tongkang Bagansiapiapi dapat dijadi bingkai Wisata provinsi Riau 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru