riau24 Over Kapasitas, Jumlah Sekolah di Pelalawan Kurang | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Over Kapasitas, Jumlah Sekolah di Pelalawan Kurang

0
ilustrasi anak sekolah
Berita Riau -  Over Kapasitas, Jumlah Sekolah di Pelalawan Kurang

Pelalawan, Riau24.com- Masih minimnya keberadaan Sekolah menengah pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berstatus sekolah Negeri di Ibukota Kabupaten Pelalawan yakni kecamatan Pangkalan Kerinci, membuat banyak para orangtua terpaksa harus melanjutkan sekolah anaknya yang telah lulus SD dan SLTP, keluar daerah. Hal ini seiring meningkatnya tingkat kelulusan para alumni SD dan SLTP dikecamatan Pangkalan Kerinci yang setiap tahunnya lulus dengan parsentase 99 persen lebih. Sedangkan jumlah sekolah Negeri yang masih sangat minim telah membuat daya tampung sekolah negeri khususnya tingkat SMP dan SMA menjadi over kapasitas. Dan bahkan, membludaknya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), sehingga banyak siswa yang tidak tertampung. Untuk itu, pada tahun 2016, Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan akan mengusulkan pembangunan dua Sekolah menengah pertama (SMP) dan satu Sekolah Menengah Atas (SMAN) baru di kecamatan Pangkalan Kerinci yang berstatus Negeri. 

Informasi ini dibeberkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Pelalawan Drs H Syafruddin Kamal MM, di Pangkalankerinci. Dikatakannya, bahwa pada tahun ajaran 2016 ini, pihaknya menerapkan sistem rayonisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk mengantisipasi membludaknya orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri di kecamatan Pangkalan Kerinci. Namun demikian, sitem rayonisasi ini juga tidak mampu menampung tingginya minat para orang tua untuk menyekolahkan anaknya disekolah negeri tersebut. Alhasil, maka masih banyak para orangtua yang harus menyekolahkan anaknya keluar daerah karena enggan masuk kesekolah swasta dengan biaya yang dirasakan cukup mahal dan besar. 

" Ya, kita akui sistem rayonisasi ternyata juga tidak mampu menampung tingginya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri di kecamatan Pangkalan Kerinci saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum lama ini. Alhasil, dengan keterbatasan kapasitas daya tampung sekolah setingkat SMPN dan SMAN di Pangkalan Kerinci ini, maka cukup banyak anak bersekolah keluar daerah, karena bangunan dua sekolah negeri SMPN dan SMAN di kecamatan Pangkalan Kerinci yang over kapasitas alias tidak mampu menampung jumlah murid baru tersebut," ujarnya. 

Diungkapkan mantan Kepala Dishubkominfo Pemko Dumai ini, bahwa saat ini ada dua sekolah SMP negeri yakni SMPN 1 dan SMPN 2 serta dua sekolah negeri SMA yakni SMAN 1 serta SMAN 2 dikecamatan Pangkalan Kerinci yang telah memiliki 39 ruangan kelas. Sedangkan dalam Permendiknas No 41 Tahun 2007 dinyatakan, bahwa kapasitas 1 bangunan sekolah negeri adalah sebanyak 27 ruangan kelas. 

" Dan meski kita di Kecamatan Pangkalan Kerinci ini yang telah memiliki 39 ruangan kelas dan over kapasitas ini, namun juga tidak mampu menampung tingginya minat para orangtua untuk menyekolahkan anaknya disekolah negeri yang ada di Ibukota kabupaten Pelalawan ini. Untuk itu, guna menampung tingginya minat para orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Negeri, maka pada tahun 2016 ini, kita akan mengusulkan penambahan dua sekolah SMP negeri yakni SMPN 3 dan SMPN 4, serta satu SMA yakni SMAN 3 Pangkalan Kerinci. Pasalnya, pembangunan SMPN dan SMAN di Pangkalan Kerinci sangat Urgen, mengingat banyaknya para lulusan alumni SD dan SMP yang berminat masuk di sekolah negeri. Dan saat ini, kita masih melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Komisi I DPRD Pelalawan agar kiranya pembangunan dau sekolah SMP dan satu sekolah SMU ini bisa dianggarkan dalam APBD 2016 atau APBD 2017," sebutnya.

Disinggung terkait lokasi pembangunan penambahan sekolah Negeri tersebut, mantan Kepala Satpol PP Pemkab Kampar ini mengatakan, bahwa lokasi pembangunan dua SMPN dan satu SMAN tersebut, direncanakan akan dibangun dikelurahan Kerinci Timur tepatnya disekitar pasar Baru kecamatan Pangkalan Kerinci.

"Jadi, untuk saat ini kita masih tengah menggesa kesiapan lahan bangunan tiga sekolah tersebut, design bangunan serta perencanaan anggaran pembangunannya. Dan insya allah kesiapan ini bisa cepat kita rampungkan, sehingga diharapkan pembangunan ini dapat direalisasikan tahun 2016 ini atau tahun 2017 mendatang. Dengan demikian, maka adanya penambahan sekolah SMPN dan SMAN baru ini nantinya, dapat menampung para pelajar yang ingin bersekolah di sekolah kecamatan Pangkalan Kerinci melalui sistem rayonisasi. Dan kita juga berharap, kedepannyanya tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah dikabupaten Pelalawan ini, karena kita telah meresmikan dan menerapkan program pendidikan sekolah gratis,"pungkasnya.

R24/adi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru