riau24 Satelit Milik LAPAN-A3/IPB Berhasil Meluncur | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Teknologi

Satelit Milik LAPAN-A3/IPB Berhasil Meluncur

0
Berita Riau -  Satelit Milik LAPAN-A3/IPB Berhasil Meluncur
Riau24.com - Satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang bernama LAPAN-A3/IPB meluncur ke angkasa dengan roket PSLV-C34 buatan Indian Space Research Organisation (ISRO), India, Rabut, 22 Juni 2016.

Roket pembawa satelit yang berkerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncur dari Pusat Antariksa Satish Dhawan, Sriharikota, India pada pukul 10.55 WIB atau 03.55 waktu setempat.

"Roket pembawa satelit LAPAN-A3 sudah sampai di orbit. Perlu waktu 17 menit untuk sampai di orbit. Sekarang menunggu satelitnya bisa dikontak untuk pertama kali sekitar 6 jam lagi," kata Peneliti Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN Robertus Heru Triharjanto yang ikut mengawal peluncuran langsung dari Sriharikota.

Satelit ini mengorbit dengan ketinggian 500 km dengan inklinasi 97 derajat. LAPAN A-3 akan mengelilingi bumi sebanyak 14 kali dan melintasi Indonesia empat kali setiap harinya.

Satelit ini difungsikan untuk pemantauan lahan pertanian dan wilayah perairan laut Indonesia. serta untuk pengukuran medan magnet bumi dan uji eksperimen peralatan yang dikembangkan oleh teknisi LAPAN.

R24/fjr


Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru