riau24 Ditanya Perihal Beredar Vaksin Bayi Palsu, Andra : Untuk Sidak Tanggung Jawab BPOM | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pekanbaru

Ditanya Perihal Beredar Vaksin Bayi Palsu, Andra : Untuk Sidak Tanggung Jawab BPOM

0
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau
Berita Riau -  Ditanya Perihal Beredar Vaksin Bayi Palsu, Andra : Untuk Sidak Tanggung Jawab BPOM
Pekanbaru, Riau24.com - Kabar Mabes Polri mengungkap peredaran vaksin palsu lagi selain di Bogor yakni di Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Vaksin palsu itu yakni vaksin wajib untuk bayi yakni hepatitis, campak dan vaksin untuk tuberkulosis, BCG. Hal ini tentunya tidak menutup kemungkinan juga beredar di Provinsi Riau.
 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Syafril, menanggapi hal ini bahwa untuk wewenang dalam hal beredarnya Vaksin Palsu ini ada pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Riau (BPOM).
 
"Kalau untuk Sidak Tanggung jawabnya BPOM," katanya.
 
Ketika ditanya apakah pihak Dinas Kesehatan Provinsi Riau sudah melakukan koordinasi terkait upaya pencegahan beredarnya Vaksin palsu ini, Andra menjawab belum ada.
 
"Belum ada pak, karena itu tupoksi beliau (BPOM red), Saya yakin beliau sudah punya protap, coba tanyakan ke beliau," sarannya.
 
Namun, kepada pihak swasta yang terlibat dalam hal pemberian Vaksin ini agar berhati-hati. 
 
"Kepada pihak swasta diminta untuk mewaspadai bila ada pihak-pihak yangg menjual dengan harga Vaksin jauh lebih murah dari harga pasar" himbaunya.
 
Seperti yang kita ketahui Menurut hasil temuan Mabes Polri, jaringan vaksin palsu ini memiliki 3 kelompok, yakni produsen, distributor hingga pihak yang menyerahkan langsung ke pengguna. 3 Kelompok itu ditangkap di 3 tempat yang berbeda yakni Puri Hijau Bintaro yang merupakan tempat produsen, kedua di Jl Serma Achim Bekasi Timur dan Kemang Regency, Bekasi.
 
Bahan dasar vaksin tersebut yakni mereka mulanya menginjeksi dengan cara menyuntikkan cairan infus dicampur dengan vaksin tetanus. Hasilnya yakni vaksin palsu untuk hepatitis, BCG, dan campak.
 
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru