riau24 Waw..Ubi raksasa 'sedot' perhatian masyarakat di Kantor Gubernur Riau | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Waw..Ubi raksasa 'sedot' perhatian masyarakat di Kantor Gubernur Riau

1
Berita Riau -  Waw..Ubi raksasa 'sedot' perhatian masyarakat di Kantor Gubernur Riau
Pekanbaru, Riau24.com- Pengunjung bazar ramadhan dan wakaf AlQur'an yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau dibuat tercengang dengan diperlihatkannya ubi raksasa dengan berat sebesar 180 kilogram di lapangan Kantor Gubernur Riau Siang ini, Kamis (23/6/16). 
 
"Sampai sekarang belum ada nama khusus untuk ubi jenis ini, kami hanya menyebutnya dengan nama daerah saja yaitu ubi palas. Jadi nanti orang tahu kalau ubi palas itu besar-besar," ujar Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Awaldi Hasibuan. 
 
Ubi raksasa yang merupakan hasil persilangan dari ubi adira 4 dengan ubi lokal, atau yang lebih dikenal dengan ubi Manggalo hanya bisa dipanen setelah berusia 11 bulan.
 
Sampai saat ini, Awaldi menuturkan bahwa produksi ubi palas ini bukan untuk kepentingan jual beli, melainkan hanya untuk kebutuhan produksi hasil hilir. Seperti halnya tepung Mokaf yang menjadi bahan dasar produksi bolu kemojo, brownies dan steak crispy.
 
"Tidak ada yang mau kalau kami menjual sebesar itu, biasanya kami potong kecil-kecil. Itupun kalau ada yang mau. Tetapi jual beli tidak menjadi target kami karena produksi ubi ini untuk kebutuhan bahan baku produk hilir yang kami buat," tambahnya.
 
Oleh karena itu, menurut Awaldi, produksi dari ubi palas secara serius dikembangkan. Sekalipun dengan penanaman yang cenderung membutuhkan lahan yang lebih besar tetapi diimbangi dengan hasil produksi yang tidak sedikit. 
 
"Saat ini kami tengah memproduksi sebanyak 400 batang. Bayangkan jika 100 batang saja bisa menghasilkan 4 ton ubi, apalagi 400. Sedangkan untuk berat masing-masing ubi palas rata-rara berkisar sekitar 155 kg," tambahnya.
 
"Dengan berat sebesar itu, tidak heran kalau produksi ubi ini membutuhkan lahan yang lebih luas dari biasanya yaitu sebesar 3 kali 3 meter," tandas Awaldi pada Riau24.com.
 
 
 
R24/adi/gma
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Andrika yeni
Kamis, 23 Juni 2016 18:50 wib
Wah besar sekali ubinya, mantap beritanya nih
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru