riau24 Sosialisasi Karlahut, Sekda Minta Pemerintah Pusat Bantu Pemulihan Lahan Terbakar | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Dumai

Sosialisasi Karlahut, Sekda Minta Pemerintah Pusat Bantu Pemulihan Lahan Terbakar

0
Berita Riau -  Sosialisasi Karlahut, Sekda Minta Pemerintah Pusat Bantu Pemulihan Lahan Terbakar
Dumai, Riau24.com - Dalam kegiatan sosialisasi kebakaran lahan dan hutan yang berlangsung pada Rabu siang di Gedung Pendopo Jalan Putri Tujuh kemarin, Sekretaris Daerah Kota Dumai Said Mustafa meminta pemerintah pusat agar membantu proses pemulihan lahan yang mengalami terbakar beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kerusakan yang ditimbulkan dari peristiwa karlahut ini cukup besar dan berdampak buruk terhadap kelangsungan hutan dan kesehatan lingkungan.

“Karena itu diharapkan pusat bisa membantu proses pemulihan lahan dengan menanami kembali untuk penghijauan,” pinta Sekda dalam sosialisasi karlahut yang juga dihadiri Danrem 031/Wirabima.

Dumai Bebas Titik Api

Pada kesempatan itu, Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Andrian Siagian menyebutkan, bahwa Kota Dumai dalam sebulan terakhir nihil dari titik api karlahut maupun titik panas yang biasa dipantau lewat satelit.

“ Dumai terpantau bebas dari titik api sebulan ini berkat sosialisasi rutin dan patroli lintas sektor dalam upaya pencegahan karlahut,” ujar Rendra.

Sementara, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi menegaskan agar semua elemen terkait di Kota Dumai menyiapkan upaya pencegahan dan mitigasi bencana kebakaran hutan lahan karena Juli diprediksi masuki kemarau.

Mitigasi yang dapat dilakukan misalnya membuat embung penyimpanan air, pembuatan sumur resapan dan patroli darat di wilayah rawan karlahut serta langsung melakukan pemadaman jika ada kemunculan api.

“ Upaya mitigasi harus diutamakan karena lebih baik dibanding penanganan atau penindakan kebakaran hutan dan lahan,” kata Danrem.

Danrem juga mengimbau pemerintah daerah bersama semua sektor untuk kompak bersiap menghadapi kemungkinan bencana karlahut yang bakal terjadi pada musim kemarau mendatang.

Selain itu, diminta untuk gencarkan imbauan ke tengah masyarakat agar tidak melakukan kegiatan membakar lahan supaya dapat menghindari bencana akibat karlahut tersebut.

“ Status siaga darurat karlahut Riau diperpanjang gubernur akibat sejumlah daerah masih mengalami kebakaran, karena itu kita mesti bersiap dan giatkan pencegahan,” tukas Danrem.



R24/dev/dik
Berita Riau

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru