riau24 Gelar Aksi Solidaritas, Hingga Siang Ini Mahasiswa Kumpulkan Rp1.700.000 Untuk Buruh Sampah | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

PEKANBARU

Gelar Aksi Solidaritas, Hingga Siang Ini Mahasiswa Kumpulkan Rp1.700.000 Untuk Buruh Sampah

0
Berita Riau -  Gelar Aksi Solidaritas, Hingga Siang Ini Mahasiswa Kumpulkan Rp1.700.000 Untuk Buruh Sampah

Pekanbaru, Riau24.com- Ikatan Pemuda Mahasiswa Kesehatan Riau (IPM KesRi) menggelar aksi solidaritas untuk “pasukan kuning” yang hingga kini belum juga dibayarkan gajinya. Aksi ini bertajuk gerakan sejuta koin.

Puluhan massa ini berhasil mengumpulkan Rp1.070.000 hanya dalam waktu satu jam saja di satu titik yakni bundaran Mall SKA Arengka, Sabtu (25/6/2016).

Sudah tiga kali petugas kebersihan bersama mahasiswa melakukan aksi di depan kantor walikota Pekanbaru. Dalam aksi tersebut mereka menuntut hal yang sama yakni masalah pelunasan gaji yang tak kunjung dibayarkan sejak bulan April lalu.

"Sudah dua bulan lamanya gaji honorer dari petugas kebersihan Kota Pekanbaru tak kunjung dicairkan. Anak dan istri mereka merengek dalam kepedihan, tak ada uang untuk membeli makan dan susu untuk anak anak mereka," ungkap Koordinator Lapangan, Syam Siddik.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah dua kali berjanji akan melunasi pembayaran gaji karyawan tersebut. Namun nyatanya, hingga kini janji itu belum juga direalisasikan.

"Sampai ada salah satu petugas kebersihan yang tak kunjung pulang ke rumah karena takut di marahi oleh istrinya lantaran tak ada uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sungguh ironi di tengah bulan suci Ramadhan ini petugas kebersihan yang kita anggap sebagai pahlawan pada tempo ini bekerja terus menerus tanpa upah yang sepeser pun di terimanya," ujar Syam.

Para mahasiswa melakukan aksi solidaritas ini sebagai dasar bentuk rasa kemanusiaan, sebab Pekanbaru menyabet penghargaan sebagai kota terbersih sebanyak tujuh kali berturut-turut, dan penghargaan tersebut dapat diraih atas peran besar dari petugas kebersihan.

"Uang yang terkumpul dari aksi kita ini akan langsung kita berikan kepada petugas kebersihan tepat di depan kantor walikota sebagai bentuk protes dan sindiran kepada Pemko Pekanbaru yang tidak peduli dengan petugas kebersihan yang gajinya tidak kunjung dicairkan oleh pihak pemko dengan dalih-dalih normatif," terangnya.

Aksi penggalangan dana ini sendiri akan digelar mahasiswa dibeberapa titik di Pekanbaru. Selain di SKA, Mahasiswa juga akan menggalang pengumpulan koin di depan ramayana Jalan Sudirman Pekanbaru dan Bundaran depan Kantor Gubernur Riau.

R24/uci
Berita Riau 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru