riau24 Kadis Ciptada Riau 'Dwi Agus' Akui Serapan APBD Masih Lima Persen | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Kadis Ciptada Riau 'Dwi Agus' Akui Serapan APBD Masih Lima Persen

0
Berita Riau -  Kadis Ciptada Riau 'Dwi Agus' Akui Serapan APBD Masih Lima Persen
 
Pekanbaru, Riau24.com - Kepala Dinas Ciptada Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno, mengaku saat ini serapan APBD 2016 diinstansinya hingga bulan Juni, belum capai 5 persen. Tapi, dijaminnya serapan anggaran kegitannya akan mulai bergerak awal bulan Agustus.
 
"Diakui, serapan APBD di instansi Ciptada Riau masih dibawah lima persen. Tapi akan mulai bergerak bulan Agustus mendatang. Hal itu dikarena semua kegiatan Ciptada baru mulai berjalan dibulan Maret. Karena harus menunggu hasilnya evaluasi Kemendagri," sebutnya.
 
Setelah menunggu hasil evaluasi itu, katanya, langkah selanjutnya mengkonsultasikan hasil tersebut ke kabupaten dan kota, untuk hal memverifikasi kesemua kegiatan yang akan dijalankan. Selanjutnya dilakukan proses lelang, dan pada bulan April dan baru tayang, serta sekaligus penunjukan Konsultan.
 
"Maka pada akhir bulan Juni inilah baru bisa keluar termennya. Pada bulan Agustus baru ditetapkan itu pemenang tendernya, dan diambil uang muka ini sebesar 30 persen. Pada bulan inilah, anggaran kami akan naik drastis. Jadi, pekerjaan melalui scedul," sebut Dwi Agus.
 
Makanya sebut Dwi Agus, saat ini realisasi masih rendah. Dijelaskan dia, pada APBD 2016 ini pihaknya hanya bisa menjalankan kegiatan dengan pagu anggarannya Rp441 miliar dari anggaran yang sebesar Rp876 miliar. Sebab, dari evaluasi kegiatan bukannya Ciptada Riau.
 
Dikatakan dia, di Ciptada Riau ini terdapat sebanyak 33 kegiatanya yang hanya bisa dijalankam pada APBD 2016. Disinggung akan hal target realisasi APBD instansinya sesuai surat pernyataan ? Terkait ini, Dwi Agus hanya memastikan realisasi itu mencapai 57 persen.
 
Sementara itu sebelumnya, telah ada pernyataan disebut Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, bahwa untuk realisasi anggaran Ciptada memang sulit ini untuk didongkrak pada APBD 2016. Sebab tebentur kewenangan. Namun pada APBD Perubahan itu Ciptada harus bisa.
 
"Memang di Ciptada ini dari data. Maka diketahui serapanya masih rendah. Karena hingga pertengah bulan Juni 2016 ini, hanya sekitar 5 peren. Tapi, nanti di Perubahan kita minta bisa merealisasikan itu anggarannya sesuai dengan surat pernyataan dberikan," tegasnya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru