riau24 Distan Laksanakan Empat Kegiatan melalui DAK | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kuantan Singingi

Distan Laksanakan Empat Kegiatan melalui DAK

0
Berita Riau -  Distan Laksanakan Empat Kegiatan melalui DAK
Kuantan Singingi, Riau24.com - Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi yang memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK), dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia sebesar Rp. 1. 2 Milyar, di tahun 2016 ini.

Ternyata hanya mampu untuk melaksanakan empat kegiatan proyek fisik saja, dan satu proyek fisik batal dilaksanakan karena anggaran tidak mencukupi, disebabkan terjadi pemotongan anggaran oleh pemerintah pusat menyusul adanya surat edaran (SE) nomor 10/MK.07/2016 tentang pengurangan/ pemotongan Dana Alokasi Khusus fisik secara mandiri.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Kuantan Singingi, Ir. H. Maisir ketika dihubungi Riau24.Com diruang kerjanya, menyebutkan Distan memperoleh DAK sebesar Rp. 1,2 Milyar untuk tahun anggaran 2016.

“Jadi Distan Kuansing memperoleh DAK sebesar Rp. 1,2 Milyar,“ Paparnya.

Kegiatan yang bakal dilaksanakan yakni Rehab dua Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cerenti  dan BPP Kecamatan Pangean, Pembangunan dam pinggir waduk irigasi Desa koto Benai Kecamatan Benai dan kegiatan kecil lainnya.

"Untuk Rehab Kantor BPP Cerenti dibutuhkan anggaran sebesar Rp. 365 juta, dan rehab kantor BPP Pangean dibutuhkan sebesar Rp. 379 juta dan ditambah rehab rumah dinas (rumdis) BPP dengan total Rp. 744 juta," ujarnya.

Sementara pembangunan pintu air di areal persawahan cerenti yang membutuhkan dana lebih dari Rp. 292 juta tidak dapat terlaksana, karena dana dikurangi sebagian (sekitar Rp. 124 juta pemotongan dak) dan kelebihan irigasi dipindah ke koto benai. berupa pembangunan dan pinggir waduk irigasi Desa Koto Benai Kecamatan Benai.

"Awalnya waduk benai di anggarkan sebesar Rp. 60 juta, dan ditambah Rp. 166 juta yang berarti bisa menyelesaikan pembangunan waduk koto benai sebesar Rp. 226 juta," tuturnya.

"Kita berharap sekali seluruh kegiatan dapat terlaksana dengan baik, agar petani mampu meningkatkan produktivitas padi guna menuju swasembada pangan di Kuansing", tukasnya.



R24/dev/zar
Berita Riau

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru