riau24 Hajar Mereka, Hantam Mereka | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kuantan Singingi

Hajar Mereka, Hantam Mereka

0
Berita Riau -  Hajar Mereka, Hantam Mereka
Kuansing, Riau24.com - Peringatan puncak dimulai ditandai dengan kampanye stop narkoba melalui pemasangan stiker berlogo “stop narkoba” di kendaraan dinas pejabat. Dimulai dari kendaraan dinas Bupati, kemudian berturut-turut kepada mobil dinas wakil bupati, sekretaris daerah, Kapolres dan wakil ketua DPRD.

Usai pemasangan stiker, dilanjutkan dengan prosesi pelepasan balon udara oleh Bupati
disaksikan seluruh undangan yang hadir yang menandai gerakan kampanye
“stop narkoba” secara masif di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kepala BNNK Kuantan Singingi Wim Jefrizal, S.H. menyampaikan beberapa capaian yang telah dilakukan oleh BNNK Kuansing dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatannya antara lain bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, sejak berdiri tahun 2014 BNNK Kuansing telah melakukan kegiatan diseminasi informasi P4GN kepada seluruh lapisan masyarakat dengan jumlah peserta lebih kurang 2500 orang diantaranya kalangan pelajar, pegawai pemerintah, pegawai swasta, serta kelompok
masyarakat.

“BNNK Kuansing juga telah membentuk tim jejering anti narkoba di 4 kecamatan dan melakukan advokasi kepada SKPD,” paparnya.

Bidang rehabilitasi, dari tahun 2015 sampai Mei 2016 BNNK Kuansing telah melakukan rehabilitasi terhadap 52 residen dengan rehabilitasi rawat jalan. Bidang pemberantasan, BNNK Kuansing sudah mulai melakukan penyelidikan dan penyidikan kasus narkoba di Kabupaten Kuantan Singingi.

Bupati Kuantan Singingi dalam sambutannya membacakan pidato Presiden RI dalam rangka peringatan HANI 2016. Dalam kutipan Pidato Presiden RI, Bupati dengan lantang menyerukan perang melawan narkoba dengan memberantas peredarannya “ Hajar mereka, hantam mereka. Kalau Undang-undang memperbolehkan dor mereka.

Ingat Bapak/Ibu sekalian, generasi muda kita mati karena narkoba 5,1 juta. Untungnya undang-undang tidak memperbolehkan itu, kalau boleh akan saya perintahkan langsung ke Kapolri dan Kepala BNN”. Karena permasalahan narkoba sudah menyentuh seluruh kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, pegawai bahkan pejabat negara, sehingga dibutuhkan tekad yang kuat untuk mengatasinya.

Bupati mengharapkan sinergitas seluruh unsur dalam memerangi peredaran narkoba, harus ada tindakan yang konkrit dari seluruh pemangku kepentingan. Semua harus betul-betul melakukan langkah- langkah yang terpadu untuk melawan narkoba, langkah-langkah yang progresif, yang mengalahkan kelicikan para pengedar narkoba.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2016 yang ditaja oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi terasa begitu spesial. Karena selain dihadiri oleh Bupati Kuantan Singingi Drs. Mursini, M.Si. Kapolres Kuansing AKBP Desuki Herlambang, Sekda Drs. Muharman, M.Pd serta unsure forkopimda lainnya, acara puncak ini juga merupakan yang pertama kali diadakan bertepatan tanggal 26 Juni
dan juga bersempena dengan bulan Ramadhan.

Puncak peringatan HANI tahun 2016 ini diselenggarakan di Pelangi Water Park Teluk Kuantan pada Minggu (26/6).

Dengan tema “Listen First : Listening to Children and Youth is The First Step To Help Them Grow Healthy and Safe” – “Dengarkan Dahulu : Mendengarkan Suara Hati Anak-Anak dan Generasi Muda Merupakan Langkah Awal untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat dan Aman dari Penyalahgunaan Narkoba”.

Tema tersebut menunjukkan bahwa startegi yang terbaik adalah pencegahan dengan sasaran Sebelum pelaksanaan puncak peringatan HANI 2016, BNNK Kuansing sudah lebih dahulu melakukan serangkaian kegiatan kampanye “Stop Narkoba” melalui apel pagi di seluruh SKPD, penyuluhan pada kegiatan masa orientasi siswa baru dan acara kepemudaan, serta pemasangan spanduk dan banner “stop narkoba” di instansi pemerintah dan swasta.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian peringatan HANI 2016 ini, diharapkan semakin menggelorakan semangat kampanye “stop narkoba” di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dengan kegiatan Diseminasi Informasi P4GN kepada kelompok masyarakat melalui tabligh akbar dan buka bersama, BNNK Kuansing mengemas acara ini dengan rangkaian kegiatan perlombaan yang ditujukan bagi para anak-anak, remaja dan generasi muda untuk mengembangkan kreatifitas mereka, antara lain perlombaan da’i remaja, lomba rencana dan lomba fashion show pakaian muslim. Seluruh kegiatan perlombaan berlangsung selama 2 hari, Sabtu (25/6) dan Minggu (26/6) sebelum acara puncak.

Dan tidak kalah penting, semua harus menghilangkan ego kita masing-masing, egosektoral Hadir sebagai penceramah sekaligus narasumber yaitu ustadz Mulkan M. Sarin dengan judul tausiah “Perspektif Islam Dalam Mendengarkan Suara Hati Anak-Anak Dan Generasi Muda Merupakan Langkah Awal Untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat Dan Aman Dari Penyalahgunaan Narkoba” serta Ustadz Yoyon Kasnadi, S.Pd.I dengan judul tausiah

“Selamatkan Anak Bangsa Dengan Mendengarkan Suara Hati Anak-Anak Dan Generasi Muda Merupakan Langkah Awal Untuk Membantu Mereka Tumbuh Sehat Dan Aman Dari Penyalahgunaan Narkoba” serta. Rangkaian acara puncak peringatan HANI 2016 ditutup dengan buka bersama seluruh panitia dan tamu undangan.


R24/dev/zar
Berita Riau

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru