riau24 Relawan RZ Ekspedisi Ramadan ke Pemukiman Talang Mamak | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pekanbaru

Relawan RZ Ekspedisi Ramadan ke Pemukiman Talang Mamak

0
Berita Riau -  Relawan RZ Ekspedisi Ramadan ke Pemukiman Talang Mamak

Pekanbaru, Riau24.com- Enam orang Relawan Rumah Zakat (RRZ) Pekanbaru melaksanakan Ekspedisi Ramadhan ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Kecamatan Batang Gangsal Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (21/6/2016) lalu dengan program utama, Syiar Qura’an.

Dusun Nunusan yang berpenduduk muslim dan bersuku talang mamak menjadi titik lokasi ekspedisi yang dipilih oleh relawan. Pada ekspedisi kali ini, mereka mengusung tema Menebar Cahaya Qur’an di Kampung Pedalaman.

Untuk bisa mencapai lokasi ekspedisi ini, dibutuhkan sekitar enam jam perjalanan dari Pekanbaru melalui perjalanan darat hingga ke Desa Lemang. Kemudian dilanjutkan lagi dengan tiga jam perjalanan menyusuri sungai sampai ke Dusun Nunusan.

Relawan membawa beberapa barang untuk disalurkan dalam Ekspedisi Ramadhan ini yaitu Al-Qur’an 15 buah, Iqro’ 15 buah, sajadah, mukena, Kornet Super Qurban 100 kaleng, peralatan kelas seperti spidol, tinta isi ulang spidol, penggaris dan alat tulis serta sekitar 100 buku bacaan untuk perpustakaan sekolah.

“Al-Qur’an disalurkan ke dua lokasi yaitu Desa Lemang dan Dusun Nunusan. Sedangkan Kornet Super Qurban disalurkan ke tiga lokasi yaitu Desa Lemang, Dusun Bengayawan dan Dusun Nunusan,” ujar Koordinator Relawan RZ Pekanbaru, Fajri Sabti kepada Riau24.com.

Dusun Nunusan yang memiliki penduduk kurang lebih 40 KK ini tidak memiliki satu pun sekolah. “Kami memilih dusun ini karena lokasinya yang sangat jauh, terisolir dan jauh dari keramaian kota. Disini juga tidak ada sekolah, cuma ada taman baca,” tutur Fajri.

Fajri juga menceritakan, taman baca yang ada di dusun ini hanya memiliki dua orang guru yang tidak setiap hari bisa mengajar. Hal itu karena sulitnya akses masuk dan besarnya biaya masuk untuk sampai di dusun ini.

Selama empat hari melangsungkan program ekspedisi, relawan melakukan beberapa kegiatan seperti penyaluran Al-Qur’an dan Iqro’, penyaluran perlengkapan shalat, penyaluran Kornet Super Qurban, penyaluran buku bacaan sekaligus pembuatan perpustakaan sekolah.

“Selain itu, kami juga melakukan penyaluran alat tulis beserta kelengkapan kelas belajar, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat dan vitamin gratis serta kegiatan semarak Ramadan untuk anak-anak Dusun Nunusan yaitu dongeng menjelang berbuka puasa, kelas inspirasi dan mengaji bersama,” urai Fajri lagi.

Relawan RZ Pekanbaru juga mengadakan program kesehatan yakni pemeriksaan asam urat untuk warga yang berusia 17 tahun ke atas dan pemberian vitamin untuk anak-anak.

"Alhamdulillah warga antusias dengan program ini. Obat-obatan diberi secara gratis sesuai keluhan masing-masing," kata salah satu relawan yang berprofesi sebagai asisten apoteker, Rendis.

R24/uci

Berita Riau

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru