riau24 Awasi Peredaran Daging, Pemko Pekanbaru Akan Turunkan Tim Khusus | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pekanbaru

Awasi Peredaran Daging, Pemko Pekanbaru Akan Turunkan Tim Khusus

0
Berita Riau -  Awasi Peredaran Daging, Pemko Pekanbaru Akan Turunkan Tim Khusus
Pekanbaru, Riau24.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menurunkan tim ke beberapa pasar tradisional dan moderen untuk mengawasi peredaran daging sapi jelang lebaran Idul Fitri 2016.
 
 
Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan tim yang dibentuk itu bertugas untuk memantau ketersediaan daging menjelang Idul Fitri. Selain itu, tim juga akan mengecek harga serta kualitas daging apakah layak edar atau tidak.
 
 
"Tujuannya untuk memberikan jaminan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan daging segar yang sehat menyambut Idul Fitri," ujar Firdaus.
  
Firdaus mencontohkan daging sapi yang sehat dan berkualitas memiliki ciri-ciri seperti warnanya yang masih merah cerah, kenyal, berbau khas daging dan tidak basah. "Karena daging dalam waktu dan suhu tertentu bisa menjadi media pertemuan mikroba," jelasnya.
 
Jika di lapangan nanti tim menemukan kecurigaan maka pihaknya akan melakukan uji labor. Jika terbukti, maka akan dilakukan penyitaan terhadap daging tersebut.
 
Sumber daging juga akan diselidiki melalui pedagang, apakah daging yang diperoleh berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) atau tidak. "Terbukti melanggar maka akan kami beri sanksi sesuai UU no 41 tahun 2014 tentang peternakan hewan," tegas Firdaus.
 
 Tim ini dibentuk berdasarkan SK Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru dan akan mulai bekerja pada H-1 hingga H+3 Idul Fitri.
  
"Tiap tim beranggotakan empat orang dan akan turun setiap hari sekaligus dua kelompok menyisir pedagang daging di lokasi pasar," terangnya.
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru