riau24 Pakar HTN: Tak Ada Lagi Aturan Mengenai Penunjukan Maksimal Wagub Riau Maksimal 15 Hari | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pekanbaru

Pakar HTN: Tak Ada Lagi Aturan Mengenai Penunjukan Maksimal Wagub Riau Maksimal 15 Hari

0
Berita Riau -  Pakar HTN: Tak Ada Lagi Aturan Mengenai Penunjukan Maksimal Wagub Riau Maksimal 15 Hari
Pekanbaru, Riau24.com- Pakar Hukum Tata Negara Universitas Riau, Dr Mexsasai Indra mengatakan tidak ada lagi aturan yang dapat mengatur Gubernur Riau untuk menunjuk wakilnya dalam kurun waktu maksimal 15 hari seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah nomor 102 tahun 2014 tentang tata cara penunjukan wakil gubernur, wakil bupati dan wakil walikota.
 
 
Dijelaskan Mex- sapaan akrab Mexsasai Indra, aturan yang saat ini berlaku adalah UU nomor 8 tahun 2015 mengenai Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota menjadi Undang-undang.
 
 
Dalam aturan tersebut, tidak ada batasan waktu bagi kepala daerah untuk mengajukan nama calon wakilnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.
 
 
"PP 102 tahun 2014 itu sudah tidak berlaku lagi dan yang sekarang berlaku adalah Undang-undang nomor 8 tahun 2015. Makanya secara yuridis, gubernur tidak menyalahi undang-undang walaupun sampai sekarang ia belum mengajukan nama ke DPRD," jelas Mexsasai, Rabu, 29 Juni 2016.
 
 
Dalam undang-undang tersebut, lanjut Mex, pasal 176 ayat 1 bahwa dalam hal Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota berhalangan tetap, berhenti, atau diberhentikan, pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilakukan melalui mekanisme pemilihan masing-masing oleh DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan usulan dari Partai Politik Gabungan Partai Politik pengusung.
 
 
Namun di ayat lain, ayat 3, aturan yang membgas teknis dan mekanisme pemilihan wakil kepala daerah di atur lebih lanjut dalam peraturan pemerintah.
 
 
"Masalahnya adalah sampai sekarang adalah belum adanya peraturan pemerintah yang mengatur aturan teknis penunjukan wakil kepala daerah," pungkas Mex.
 
 
R24/uci
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru