riau24 Program Bersama Lembaga Serasi Alam Indonesia dengan Bank BRI Dumai | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dumai

Program Bersama Lembaga Serasi Alam Indonesia dengan Bank BRI Dumai

0
Berita Riau -  Program Bersama Lembaga Serasi Alam Indonesia dengan Bank BRI Dumai

Dumai, Riau24.com - Masjid merupakan faktor pendukung utama dalam berjalannya kegiatan ibadah dan kegiatan agama Islam lainnya.

Untuk itu Serasi Alam Indonesia (SERAI) sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat yang fokus kepada pembinaan dan pendampingan kelompok masyarakat muslim terpencil menggagas program pembangunan rumah ibadah/masjid di daerah yang saat ini di damping oleh SERAI.

Memasuki Ramadhan 1437 H, berarti setahun sudah SERAI melakukan pendampingan terhadap masyarakat di Dusun Mekarsari, Sungai Sepit, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau.

Untuk diketahui, dusun Mekarsari merupakan dusun terluar dari Kota Dumai dan berbatasan langsung dengan Kab. Rokanhilir. Dusun yang berpenduduk hampir 600 KK ini dapat dikategorikan sebagai dusun terpencil. Meski hanya berjarak tidak lebih dari 70 KM dari Kota Dumai, namun belum ada akses jalan darat untuk menuju dusun ini.

Untuk itu masyarakat harus menggunakan jalur laut, menempuh perjalanan 7-9 jam perjalanan jika cuaca cerah. Juga harus menunggu perahu nelayan yang berangkat ke Dumai untuk menjual hasil tangkapannya.

Jika kita lihat dari fasilitas umum yang tersedia di dusun ini, untuk menunjang kegiatan masyarakat masih sangat minim. Belum ada tenaga medis (dokter) yang menangani masalah kesehatan masyarakat. Juga baru tersedia 2 lokal kelas untuk tingkat SD yang harus digunakan untuk 6 tingkat pendidikan SD.

Begitu juga untuk sarana penunjang kegiatan keagamaan, khususnya Agama Islam. Karena 99% penduduk yang bermukim di Dusun ini beragama Islam.

Minimnya sarana ibadah dan pendidikan agama bagi masyarakat Muslim di Dusun Mekarsari ini lebih disebabkan karena rendahnya kemampuan ekonomi masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan. Juga rendahnya pendidikan rata-rata masyarakat. Untuk itu SERAI memilih Dusun Mekarsari menjadi salah satu desa binaan.

Pembangunan Masjid merupakan fokus utama yang SERAI lakukan untuk memulai pendampingan di Mekarsari disamping mendirikan Saung Ilmu, yang akan menjadi pusat kegiatan agama Islam dan merencanakan berbagai program kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Pada tahun 2015 masyarakat telah membangun sebuah masjid sederhana, dengan luasan 6 x 8 m2. Umur dan pertumbuhan penduduk membuat masjid tersebut sudah tidak layak lagi untuk mendukung kegiatan ke-Islam-an di Dusun Mekarsari.

Sebagai langkah awal masyarakat telah menghibahkan lahan seluas 4 Ha yang akan digunakan sebagai areal masjid raya dan berbagai fasilitas pendukung nantinya. Lokasi ini terletak tepat ditengah dusun, sehingga memudahkan seluruh masyarakat untuk mengakses nantinya. Panitia pembangunan masjid juga telah dibentuk.

Masjid yang akan dibangun memiliki luas bangunan 15 x 15 m2 ini telah dimulai pembangunannya sejak bulan April 2016 yang lalu.

Pembangunan masjid yang diperkirakan membutuhkan dana Rp 148.000.000,-, diharapkan selesai pada awal Ramadhan 1437 H ini.

Namun karena keterbatasan dana yang dimiliki dan sulitnya lokasi dusun menjadi kendala utama pelaksanaan pembangunan.

Proses pembangunan saat ini telah berjalan 20% dari rencana keseluruhan. Selain tukang, masyarakat juga bergiliran bergotong royong dalam melaksanakan kegiatan pembangunan masjid raya ini.

Harapannya setelah Ramadhan, pembangunan masjid akan dilanjutkan kembali dan selesai sebelum Idul Adha 1437 H yang akan datang.

"Sekilas program Ramadhan 1437 H yang dilaksanakan oleh Serasi Alam Indonesia didukung oleh Bank BRI Dumai. Semoga segera terwujud berdirinya masjid raya di Dusun Mekarsari dan menjadi amal jariyah kita semua," ujar Pimpinan BRI Cabang Dumai Adi Widya Prakasa, Kamis (30/6)

Terakhir, pria berkacamata ini menambahkan, jika ingin memberikan rezeki nya untuk pembangunan masjid donasi dapat disampaikan melalui Rekening BRI 015901002381520 an. Mesjid Raya Babul Jannah.



R24/dev/dik
Berita Riau 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru